PENGARUH CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK KELOMPOK B TK NURUS SAADAH KECAMATAN LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER

  • I Made Hartawan IKIP PGRI JEMBER
  • Dian Pravita Aprilia IKIP PGRI JEMBER
Keywords: Cerita Bergambar, Kecerdasan Linguistik

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan wilayah pembahasan yang sangat luas dan semakin menarik.Cerita bergambar suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar yang tidak bergerak yang di susun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah jalinan cerita. Dengan cerita bergambar dapat merangsang perkembangan kecerdasan linguistik anak. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu adakah pengaruh cerita bergambar terhadap perkembangan kecerdasan linguistik anak. Bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh cerita bergambar terhadap perkembangan kecerdasan linguistik anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif, dengan sampel penelitian adalah anak kelompok B Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember yang berjumlah 20 anak terdiri 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Sampel ini dipilih dengan cara populasi sampling, sengaja dipilih berdasarkan tujuan dan pertimbangan tertentu.Teknik pengumpulan data melalui dokumenter, observasi, tes . Dalam menganalisa data ini, sebagai variable bebasnya (variabel x) adalah cerita bergambar, sedangkan variable tergantungnya (variabel y) adalah perkembangan kecerdasan linguistik digunakan analisis Chi Kuadrat. Dari analisa data diketahui X2 hitung = 8,41. Sedangkan bila dilihat X2 tabel Chi Kuadrat dengan responden (N) = 20, dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 3,84. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis kerja diterima yaitu Ada Pengaruh Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik Anak Kelompok B di TK. Nurus Saadah Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.

Published
2018-03-13
Section
Articles