Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Matriks Kelas XI

  • Sarjono Sarjono SMK Negeri 4 Pangkalpinang, Indonesia
Keywords: Inkuiri, Hasil Belajar, Matriks

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sering masih jauh dari yang diharapkan guru. Terbukti masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yang telah ditentukan. Pembelajaran di masa pandemi merupakan tantangan tersendiri bagi guru dalam mengajar danĀ  mengembangkan metode pembelajaran sehingga matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan. Inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan menyenangkan. Dalam model pembelajaran inkuiri siswa diminta menemukan konsep melalui percobaan pada materi matriks kelas XI NKN1 di SMKN 4 Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung. Penelitian tindakan dilakukan dalam penelitian ini didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan persentase ketuntasan siswa. Hasil belajar siswa pada siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 secara berturut-turut adalah 70,83; 75,38; dan 80,30. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 4,55 dan dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 4,92. Selain hasil belajar, penggunaan model pembelajaran inkuiri juga dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu persentase pada siklus 1 sebesar 63,64%, pada siklus 2 sebesar 78,79% dan pada siklus 3 sebesar 87,88%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chatarina Tri Anni. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press

Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya 2. Jakarta: Depdiknas

Enjah Takari R. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Genesindo

M. Sobry Sutikno. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica

Nuniek Avianti. Mudah Belajar Matematika Untuk Kelas XI SMK/MTs. Jakarta: Depdiknas

Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta

Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Pemahaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama

Skinner. 1973. Science and Human Behaviour. New York. MC: Milan

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Suke Silverius. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Wina Sanjaya.2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Published
2021-10-05
Section
Articles