Proses Koneksi Matematis secara Prosedural Materi Perbandingan ditinjau dari Asimilasi dan Akomodasi

  • Istiqomah Istiqomah IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Junarti Junarti IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
  • Ifa Khoiria Ningrum IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia
Keywords: Proses Koneksi Matematis, Koneksi Prosedural, Perbandingan, Asimilasi, Akomodasi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses koneksi matematis secara prosedural ditinjau dari asimilasi dan akomodasi pada materi perbandingan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Trucuk yang berjumlah 20 siswa, kemudian terpilih 6 siswa sebagai subjek penelitian yaitu 2 subjek terkategori asimilasi, 2 subjek terkategori akomodasi, dan 2 subjek terkategori asimilasi-akomodasi. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes dan wawancara. Untuk keabsahan data digunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses koneksi matematis secara prosedural pada subjek yang mempunyai kecenderungan asimilasi melalui tahapan dapat menggunakan pengetahuan sebelumnya untuk memecahkan masalah. Selanjutnya, proses koneksi matematis secara prosedural pada subjek yang mempunyai kecenderungan akomodasi melalui tahapan dapat memodifikasi sendiri dalam memecahkan masalah. Namun, subjek akomodasi akan mengalami hambatan jika tidak dapat melakukan penyesuaian sehingga hasil pekerjaannya tidak tepat. Selain itu, ada juga proses koneksi matematis secara prosedural pada subjek yang mempunyai kecenderungan menggunakan gabungan antara asimilasi dan akomodasi melalui tahapan dapat menyesuiakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya serta dapat melakukan modifikasi untuk mempermudah dalam memecahkan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, I. M. (2019). Analisis Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Piaget dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Turunan Fungsi Kelas XI MA Darul Wonodadi Blitar. Skripsi Diterbitkan. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung

Junarti, Sukestiyarno, Y., Mulyono, & Dwidayati, N. K. (2020). Studi Literatur tentang Jenis Koneksi Matematika pada Aljabar Abstrak. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 343–352.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J., (2014). “Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook”, Edition 3. USA: Sage Publications, Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Murtafi'ah, W., & Masfingatin, T. (2015). Proses Berpikir Mahasiswa dengan Kemampuan Spatial Intellegent Tinggi dalam Memecahkan Masalah Geometri. Kadikma, 6(1), 133–148.

Patma Sopamena, Nani Sukartini Sangkala, F. J. R. (2018). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Piaget pada Materi Program Linear di Kelas XI SMA Negeri 11 Ambon. Prosiding SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika IAIN Ambon, October, 83–92.

Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), 144–163.

Rossydha, F. 2017. Profil Berpikir Relasional Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Operasi Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Akademiknya di Kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi diterbitkan. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung.

Siagian, M.D., (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika, Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 59-67.

Siti Dwi Ifa Rochmawati, J. I. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Koneksi Representasi dan Koneksi Prosedural. Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 87-93. https://doi.org/10.32665/james.v3i2.158

Upton, Penney. 2012. Psychology Express: Developmental Psychology. Jakarta: Erlangga.

Yogi, A. (2015). Proses Asimilasi dan Akomodasi Mahasiswa Bergaya Kognitif Field Independent dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Prosiding Seminar Nasional, 04(1), 394–403.
Published
2021-10-05
Section
Articles