Pengembangan Perangkat Berbasis TPACK pada Materi Garis dan Sudut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

  • Nurjanah Nurjanah Universitas Jambi, Indonesia
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Jambi, Indonesia
  • Jefri Marzal Universitas Jambi, Indonesia
Keywords: TPACK, Garis dan Sudut, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Discovery Learning

Abstract

 Penelitian pengembangan perangkat berbasis TPACK  pada materi garis dan sudut ini bertujuan untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam bentuk pdf dan di share melalui grup Whatshapp kelas yang disertai dengan video pembelajaran youtube, menerapkan perangkat tersebut, dan menganalisis keterkaitan antar komponen penyusun TPACK. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain pengembangan model 4D dan subjek penelitian adalah kelas VII D MTs Negeri 5 Kota Jambi. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket tanggapan peserta didik dan guru, lembar observasi, instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik serta instrumen integrasi TPACK untuk guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pertemuan I sampai pertemuan VI termasuk pada kategori “baik”. Hasil evaluasi belajar peserta didik rata-rata 67 yang dikategorikan “baik”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa RPP dan LKPD berbasis TPACK  yang dikembangkan telah meningkatkan aktivitas pembelajaran peserta didik pada materi garis dan sudut, serta mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argaswari, D. P.A.D & Usodo, B. 2015. Analisis Kesulitan Belajar Geometri Kelas VII SMP Pokok Bahasan Sifat Sudut yang Terbentuk dari Dua Garis Sejajar yang Berpotongan dengan Garis Lain. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta : UNY.

Damayanti, S. Q. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Macromedia Flash Disertai LKS yang Terintegrasi dengan Multipresentasi dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.4:357-364, No.4 Maret 2016. Jember : Universitas Jember.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Jarwan. 2018. Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol.1, No. 2 Agustus 2018. Sulawesi Selatan: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Koehler, M dan Mishra. 2008. Handbook of Technological Pedagogical Content Knowladge (TPCK) for Educators, Routledge for the American Association of Colleges for Teacher Education, New York.

Najah, Chairun. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Mengoptimalkan Kemampuan Komunikasi Tertulis Matematis Siswa SMP. Published Thesis. Jambi: Universitas Jambi.

Noviafitri, S. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Sudut Kelas VII. Jurnal Elemen, Vol.2:179-192, No.2 Juli 2016. Palembang : Universitas Sriwijaya.

Nurhasanah, D. E., Karnia, N. & Sunendar, A. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, Vol. 1:21-32. Jawa Barat: Universitas Majalengka.

Perawansa, F. I. & Surya, E. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Garis dan Sudut, (Online), (https://www.research gate.net/publication/325386633_analisis_kesulitan_belajar_siswa_dalam_menyelesaikan_soal_materi_garis_dan_sudut/), diakses pada tanggal 31 Januari 2019.

Permendikbud. 2016. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22, Tahun 2016, Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Permendikbud.

Polya, G. 1973. How to Solve It, Second Edition. Princeton. New Jersey Princeton, University Press.

Rahmini. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Published Thesis. Jambi: Universitas Jambi.

Sutrisno. 2012. Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.

Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel. MI. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. In
Published
2021-10-05
Section
Articles