Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Senilai Siswa Menggunakan Permainan Domino Pecahan Kelas VII SMPN 4 Kaubun

  • Ules Sumule SMP Negeri 1 Sangatta Utara, Indonesia
Keywords: Pecahan, Permainan Domino, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini  dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi pecahan senilai dengan menggunakan permainan domino pecahan yang dilaksanakan pada tahun  2014 di  SMP Negeri 4 Kaubun.  Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA sebanyank 20 siswa dengan menggunakan permainan domino pecahan sebagai obyek penelitian. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terbagi dalam enam kali pertemuan dengan rincian siklus pertama tiga kali pertemuan, dan siklus kedua dengan tiga kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah bagan pertandingan, lembar pengamatan permainan domino, lembar soal dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai minimum pada siklus pertama 50 meningkat menjadi 70 pada siklus kedua, nilai maksimum pada siklus pertama 80 meningkat menjadi 100 pada siklus kedua, nilai rata-rata sebesar 70,5 pada siklus pertama meningkat menjadi 88,5 pada siklus kedua. Sementara itu pada nilai N-Gain diketahui bahwa peningkatan sedang terjadi pada 70% siswa dan peningkatan tinggi terjadi pada 30% siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto S, Suhardjono & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Cholik A.M& Sugijono. (2005) Matematika SMP Kelas VII, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Cortina, J.L., Višňovská, J., & Zúñiga, C. (2015). An Alternative Starting Point for Fraction Instruction.International Journal for Mathematics Teaching and Learning.

Fisher A. (2015). Critical thinking: An introduction. Jakarta: Erlangga

Danobroto W.S. & Rohmitawati.(2011).Modul penyusunan Diseminasi dan Laporan PTK MataPelajaran Matematika sebagai karya Tulis, Kementerian Pendidikan Nasional.

Hake, Richard R. (1999).Analyzingchange/GainScores.Diakses melalui http://www.Physics.indiana.edu/sdi/analizing-Change-Gain.pdf. (tanggal14 Pebruari 2014).

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.(2013). Matematika SMP Kelas VII Semester Satu, Jakarta.

Leung, Chi-Keug,. (2009). A Preliminary study on hongkong students’ understanding of fraction. Makalah disajikan komperensi internasional “Redesign Pedagogy” di Singapore. Juni 2009.

Negoro ST, Harahap B. (1998). Ensiklopedia Matematika, Jakarta : PT. Ghalia Indonesia

Ngapaningsih, Astuti Y A. (2007). Matematika SMP Kelas VII, Klaten Jawa Tengah:PT. Intan Pariwara.

Purnomo W.Y. (2014). Pembelajaran Matematika Untuk PGSD, Jakarata:PT. Erlangga.

Wu. H, (2002). Chapter 2: Fractions (Draft). Diperoleh dari http://math.berkeley.edu/~wu/EMI2a.pd
Published
2021-10-05
Section
Articles