Edukasi Pembelajaran Dunia Peternakan Kepada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar

  • Bagus Andika Fitroh Universitas Islam Batik Surakarta
Keywords: Edukasi, motivasi, pembelajaran

Abstract

Pemberian edukasi dunia peternakan kepada siswa SMK merupakan wadah motivasi untuk mengajak siswa dalam mengembangkan dan mengenalkan apa yang ada didalam bidang peternakan, jika diambil data di lapangan dunia peternakan masih kurang diminati oleh generasi muda kususnya anak-anak SMK. Ilmu peternakan sangat penting dipelajari, karena peternakan merupakan kegiatan yang berperan penting dalam mengembangkan dan membudidayakan hewan ternak yang dapat dimanfaatkan hasil dari kegiatan budidaya. Pengabdian kepada masayarakat dilakukan dengan pemberian materi dan praktik secara langsung oleh siswa. Materi yang diberikan yaitu tentang dunia peternakan dan wirausaha yang sangat luas didalam bidang peternakan, kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan mesin tetas sederhana dengan peralatnya. Tujuan pengenalan bidang peternakan adalah untuk menumbuhkan keinginan dalam pembudidayaan hewan ternak yang dapat dimanfaatkan hasilnya sehingga banyak siswa yang akan termotivasi untuk melanjutkan jenjang yang lebih tinggi dalam bidang peternakan.

References

Arianti. 2018. Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2): 117-134.
Hasanah N, Nanang D W, dan Achmad M. 2020. Teknik manajemen penetasan telur tetas ayam kampung unggul kub di kelompok gumukmas jember. Diakses 09-09-2021. http://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/filliacendekia.
Sayuti A. 2006. Geografi budaya dalam wilayah pembangunan daerah Sumatera Barat departemen pendidikan dan kebudayaan proyek inventarisasi dan dokumentasi kebudayaan daerah.
Subekti E. 2008. Peranan bidang peternakan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Mediagro, 4(2): 32 – 38.
Warsito S H, Widodo O S, dan Wulandari S. 2018. Pengetahuan manajemen peternakan dan pemanfaatan hasil ternak sebagai sumber gizi masyarakat di Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. Jurnal Layanan Masyarakat Universitas Airlangga, 2(2): 69–71.
Published
2022-03-24
Section
Articles