Sosialisasi Inovasi Dan Strategi Pemasaran Produk Industri Kecil Di Era New Normal

  • Ino Angga Putra Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Mar’atul Fahimah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Khotibul Umam Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Kismarotul Jannah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Industri Kecil, Inovasi, Pemasaran Produk, Strategi

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini antara lain: a) meningkatkan strategi pemasaran produk-produk industri kecil yang ada di desa Brangkal, b) meningkatkan inovasi produk supaya diminati oleh konsumen, c) membantu meningkatkan kemampuan pelaku usaha/industri dalam inovasi dan strategi pemasaran, dan d) membantu dalam tata cara mengurusi izin usaha dan pelabelan produk. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode pelatihan melalui bentuk sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan secara intensif sampai dapat melakukan pembuatan produk inovasi. Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 peserta dari pelaku usaha dengan bertempat di Balai Desa Brangkal Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang pada tanggal 27-30 Oktober 2020. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penilaian keterampilan pelaku usaha sebesar 70% peserta pelatihan memiliki keterampilan yang baik ketika pembutan produk inovasi dan 30% peserta pelatihan dalam kategori dengan keterampilan yang cukup baik dalam pembuatan produk inovasi. Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan agar dapat membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan penanggulangan pengangguran di Indonesia.

References

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. 2013. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6) : 1286–1295.
Devi, C., Rusma, M., Mikro, U., & Lambalek, A. 2020. Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Dharma Bakti Teuku Umar, 2(1): 63–73.
Liana, L. 2008. Pembinaan Dan Pengembangan Usaha Kecil Sebagai Sarana Memperkokoh Struktur Perekonomian Nasional. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 15(2): 98–106.
Permana, S. H. 2017. Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Aspirasi, 8(1): 93–103.
Putra, I. A., Ma’arif, I. B., & Prihatiningtyas, S. 2019. Pelatihan Pembuatan Media Belajar Sains Berbasis Ramah Lingkungan Bagi Guru SD/MI di Wilayah Jombang. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (SNAMI) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, 2: 352–356.
Putra, I. A., Prihatiningtyas, S., & Ma’arif, I. B. 2019. Sosialisasi Media Belajar Sains Berbasis Ramah Lingkungan Bagi Guru SD/MI Di Wilayah Jombang. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat (JPPM), 7(2): 12–16.
Ridwan, M., Hartutiningsih, & Hatuwe, M. 2014. Pembinaan Industri Kecil dan Menengah Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Bontang. Jurnal Administrative Reform, 2: 187–199.
Published
2022-03-24
Section
Articles