Pengembangan dan Pendampingan Inovasi Pengolahan Ikan Lele Sebagai Peningkatan Ekonomi Pondok dan Gizi Santriwati dan Mahasiswi Gontor Putri

  • Qurrota A’yun Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri Mantingan Ngawi
  • Millatul Fatkhiyah Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri Mantingan Ngawi
  • Daaimatul Ifadah A Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri Mantingan Ngawi
  • Nadia Salsabila M Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri Mantingan Ngawi
  • Cholila Saphira Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri Mantingan Ngawi
Keywords: Nugget, Abon Lele, Mitra budidaya lele, Gontor Putri

Abstract

Lokasi yang strategis tersebut menyebabkan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri memiliki inisiatif dalam pembuatan produk baru yang ditinjau dari adanya peternakan lele. Tetapi melihat sudah mulai bertambahnya usia peternakan tersebut dan semakin banyaknya lele yang ada, tujuan kegiatan ini adalah kelompok 44 KKN Tematik Unida Gontor membuat produk baru dari olahan lele yang ada di Gontor Putri 1 yang selama ini keluaran lele tersebut hanya menjadi bahan lauk biasa, akan kami jadikan produk turunan olahan yang bernilai ekonomi (nugget dan abon) lele. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah, 1) Memeberikan pelatihan pembuatan Nugget Lele kepada pekerja DLP, 2) Memberikan Pelatihan pembuatan Abon lele kepada Staf DLP, dan 3) Pelatihan dan pendampingan pemasaran. Hasil dari kegiatan adalah meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan mitra, terciptanya produk Nugget dan Abon lele, publikasi melalui Artikel guna mengetahui manfaat dari lele dan memasarkan Produk.

References

Augustina, R., Syah, H., & Ridha, M. 2013. Kajian Mutu Ikan Lele (Clarias batrachus) Asap Kering. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia.
Giannini D, Parin MA, Gadaleta L, Carrizo G, Zagarramurdi A. 2001. Influence of raw material quality on quality of iced and frozen white fish produks J.Food Qual.
Sitio, M. H. F., Jubaedah, D., & Syaifudin, M. 2017. Kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih lele (clarias sp.) pada salinitas media yang berbeda. Jurnal Akuatur Rawa Indonesia.
Published
2022-03-24
Section
Articles