Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Barang Bermanfaat Bagi Masyarakat di Masa Pandemi

  • Sri Lestanti Universitas Islam Balitar
  • Saiful Nur Budiman Universitas Islam Balitar
Keywords: sampah barang bekas, reduce, reuse, recyle

Abstract

Barang bekas diantaranya botol minuman bekas, koran-koran bekas, kain bekas dan sampah plastik bekas seperti kantong plastik kresek. Diantara barang bekas tersebut maka barang bekas plastiklah yang sangat sulit untuk dimusnahkan begitu saja sehingga diperlukan proses 3R (reduce, reuse, recyle). Pengelolaan sampah rumah tangga ataupun barang bekas adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah rumah tangga. Pada saat sekarang atau dimasa pandemi ini kegiatan daur ulang bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi bahkan dalam proses pemasaran juga memiliki harga yang cukup tinggi. Tujuan utama dari tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah untuk mendorong tumbuh kembangnya sektor UKM di desa Wonorejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar dengan memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang yang berguna dan bernilai eknomis dengan membuat hasta karya ataupun alat hand sanitizer otomatis dari sampah plastik bekas dan kayu bekas bangunan.

References

Dirgantara, I. M. B. 2013. Pengetahuan Mendaur Ulang Sampah Rumah Tangga dan Niat Mendaur Ulang Sampah. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 10: 1-11.
ESP-USAID. 2010. Modul Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Jakarta: Environmental Services Program.
Hadi, M. F., Darwin, R., Widiarsih, D., Hidayat, M., Murialti, N., & Asnawi, M. 2017. Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Yang Bernilai Ekonomi Bagi Peningkatan Produktivitas Jiwa Enterpreneur Ibu Rumah Tangga RT.01/ RW.12 Desa Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 2: 42-47.
Hapsari, D. N., Hendraini, L., & Muryani, S. 2015. Manfaat Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle Linn) Sebagai Hand Sanitizer Terhadap Angka Kuman Tangan. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 17: 79-84.
Karuniastuti, N. 2013. Bahasa Plastik Terhadap Kesehatan dan Lingkungan (Vol. 3): Swara Patra.
Latifa, U., & Saputro, J. S. 2018. Perancangan Robot Arm Gripper Berbasis Arduino Uno Menggunakan Antarmuka LabView. Barometer, 3: 138-141.
Masyruroh, A., & Rahmawati, I. 2021. Pembuatan Recycle Plastik HDPE Sederhana Menjadi Asbak. Jurnal ABDIKARYA, 53-63.
Saputro, B. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Setiorini, I. L. 2018. Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Kerajinan Guna Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Desa Paowan. INTEGRITAS : JURNAL PENGABDIAN, 52-61.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Published
2022-03-24
Section
Articles