Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Melalui Pelatihan Pengelolaan Koperasi

  • Suyanti Suyanti Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Ningrum Astriawati Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Waris Wibowo Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Handoyo Widyanto Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
Keywords: Ekonomi Kerakyatan, Koperasi, Pelatihan

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan masyarakat merasakan kesulitan ekonomi. Menghadapi kesulitan ekonomi seperti ini, masyarakat membutuhkan lembaga yang dapat membantu mereka memenuhi kebutuhan hidupnya dengan harga yang terjangkau dan mempunyai keberpihakan kepada masyarakat. Lembaga yang tepat untuk itu adalah koperasi. Berkaitan dengan itu tim pengabdian kepada masyarakat Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta berinisiatif memberikan pelatihan pengelolaan koperasi dalam rangka pengembangan ekonomi kerakyatan kepada ibu-ibu PKK Nusa Indah dan Teratai di Dusun Pedusan RT 58, Desa Argosari, Kec. Sedayu, Bantul. Pelaksanaan program dalam pelatihan ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu tahap persiapan (penilaian kebutuhan pelatihan), pelaksanaan (pengembangan program pelatihan) dan evaluasi program pelatihan. Hasil dan target luaran yang dicapai adalah sebagai berikut: 1) Berdasarkan evaluasi dan refleksi, 80% peserta pelatihan sudah mengetahui semua persyaratan yang dibutuhkan untuk mendirikan koperasi, 2) Adanya  peningkatan  pengetahuan tentang dasar hukum koperasi, tujuan, fungsi dan prinsip koperasi, jenis-jenis koperasi dan pembentukan koperasi.

References

Ahidin, U. 2020. Covid 19 dan Work from Home. Desanta Muliavisitama.
Arifin, S. 2017. Pelatihan keterampilan pembuatan perhiasan dari kawat (wire jewelry) di lingkungan Jempong Timur Mataram. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 13(1): 44–61.
Febrina, F. 2019. Cerminan Gotong Royong Di Indonesia Dalam Azas Kekeluargaan Koperasi Guna Mengurangi Sikap Individualisme.
Handoko, W. 2013. Strategi Pengembangan Masyarakat (Comunity Development) melalui program pengembangan koperasi dan UMKM berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 1(2): 245–259.
Hanoatubun, S. 2020. Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1): 146–153.
Hatta, M. 2015. Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun: Gagasan & Pemikiran.
Jati, W. 2020. Merajut Optimisme di tengah Covid 19. Desanta Muliavisitama.
Masngudi, H. 1990. Penelitian tentang sejarah perkembangan koperasi di Indonesia. Jakarta: Badan Penelitian Perkembangan Koperasi.
Nasruddin, R., & Haq, I. 2020. Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan masyarakat berpenghasilan rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7): 639–648.
Pongkot, H., Ahen, L., Tobing, O. S. L., Meman, O. G. P. H., & Halawa, A. A. 2021. Pola Hidup Sehat dan Perilaku Hidup Bersih dalam Memasuki “New Normal” Melalui Penguatan Protokol Kesehatan. Bamaskat, 1(1): 1–8.
Sasono, A. 1998. Solusi Islam atas problematika umat: ekonomi, pendidikan, dan dakwah. Gema Insani.
Sitepu, C. F., & Hasyim, H. 2018. Perkembangan Ekonomi Koperasi Di Indonesia. Niagawan, 7(2): 59–68.
Published
2022-03-24
Section
Articles