PENGEMBANGAN WEBSITE MENGGUNAKAN GOOGLE SITES MATERI PRODUKSI PADA TUMBUHAN DAN HEWAN UNTUK SMP/MTs PADA MASA PADEMI COVID 19

  • Ririn Husniyah SMP Negeri 1 Kalisat Jember
  • Asri Widiatsih Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Fajarisman Fajarisman SMP Negeri Satu Atap Kandang Situbondo
  • Kunrozazi Kunrozazi SMP Negeri Satu Atap Kandang Situbondo
  • Nurhafit Kurniawan Universitas PGRI Argopuro Jember
Keywords: Website, google Site, SMP/MTs

Abstract

Kemajuan Teknologi Informasi dan komunikasi mengakibatkan suatu perubahan metode pembelajaran konvensional menjadi berbasis digitalisasi untuk mempermuda untuk menyampaikan suatu materi pada siswa kelas XI-A. Penelitian ini mengunakan model pengembangan yang mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate) yang memiliki 5 langkah tahapan media, dan menghasilakan sebuah produk website yang mana bisa digunakan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran IPA dengan materi Peproduksi pada tumbuhan dan hewan.instrumen penelitian yang digunkaan penelitian ini adalah lembar media, lembar validasi ahli media dan materi, angket responden dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menenjukkan bahawa , media valid dengan masuk kategori “Sangat Valid” dengan mendakatkan skor “95,55%”. Dan media dinyakan praktis yang berdasarkan angket responden dalam hal ketertarikan siswa pada media pembelajaran berbasis website yang memperoleh skor “89,55%”dan masuk kategori “sangat praktis” dalam hal ini memudahkan dalam pemahaman dan penggunaan, sementara hasil observasi aktivitas siswa sebesar “” berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran berbasis website “layak digunakan”. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor “90,83%” yang masuk kategori “sangat baik”, desangkan hasil dari validasi ahli materi mendapatkan skor 80% dengan masuk kategori “baik”. Validasi oleh guru mata pelajaran IPA mendapatkan nilai “87,5%” dengan masuk kategori “sangat baik”sebagai media pembelajaran berbasis website dengan materi produksi tumbuhan dan hewan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., Huda, I., & Nurmaliah, C. (2020). Implementasi pembelajaran STEM pada materi sistem reproduksi tumbuhan dan hewan terhadap kemampuan berpikir ilmiah peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 241–256.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: R).
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.
Desy, R., & Setyoko, S. (2017). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Website Di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Samudra. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 346–350. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i3.7902
Fajarisman, Asri Widiatsih, & Kustiowati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran bahasa Mandarin Untuk SMP/MTs. Education Journal : Journal Education Research and Development, 5(1), 1–16.
Fajarisman, Sanusi, T., & Widiatsih, A. (2021). The Efforts to Improve Student Learning Outcomes by Using Google Classroom during Covid 19 in the Subject of Pythagoras Theorem. AXIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 6, 104 – 112.
Fathurrohman, P., & Sutikno, S. (2011). Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Islam. Bandung: Refika Aditama.

Haka, N. B. (2020). Pengembangan Komik Manga Biologi Berbasis Android untuk Peserta Didik Kelas XI Ditingkat SMA/MA. Journal of Biology Education, 1(1), 17–32.
Setyawan, B. (2019). Pengembangan Media Google Site Dalam Bimbingan Klasikal Di SMAN 1 Sampung. Jurnal Nusantara of Research, 6(Vol. 6 No. 2 (2019)), 78–87.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Reseach And Development) (ALFABETA (ed.); ke-3).
Published
2022-01-29
Section
Articles