PENGARUH PENGGUNAAN PERTUNJUKAN DRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SMA NEGERI PAKUSARI

  • Dwi Suwita Kurniyanti SMA Negeri Pakusari
  • Asri Widiatsih Universitas PGRI Argopuro Jember
Keywords: Kemampuan Berbicara, Pertunjukan Drama

Abstract

Hipotesis penelitian ini adalah Ada pengaruh yang signifikan penggunaan pertunjukan drama terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris pada SMA Pakusari Tahun 2020/2021 Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini menggunakan teknik undian cluster random sampling dan berdasarkan hasil pengundian, kelas tingkat SMA laki-laki terdiri dari 16 siswa dan perempuan terdiri dari 18 siswa. Desain penelitian ini adalah pre-test and post test control group design. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan karena validitas tes menggunakan validitas isi, maka peneliti melakukan tes subjektif dengan memperhatikan kurikulum dan menghitung data. Peneliti menggunakan perhitungan t dengan menggunakan program SPSS pada skor siswa berbicara dalam role play, nilai t adalah 3,338 dengan probabilitas 0,003. Kemudian, mean dari eksperimen-kontrol adalah 1,370 dan standar deviasi 2,113. Skor siswa berbicara dalam role play menunjukkan bahwa probabilitasnya adalah 0,003 yang artinya nilai probabilitas lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Jadi sebaliknya, hipotesis nol (Ho) ditolak dan alternatif hipotesis (Ha) diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2006. ProsedurPenelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Dasar-DasarEvaluasiPendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara

Listanto, Joni, Machmoed, Hmzah A & Arafah, Burhanuddin. 2011. Drama Interaktif Sebagai Strategi Pengajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Berbicara. Indonesia:( http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/5085c8e068ce352d05818b3363d9b49d.pdf , 27 Maret 2016).

Ashton-Hay, Sally (2005) Drama: Melibatkan Semua Gaya Belajar. Dalam Prosiding Konferensi Internasional INGED (Asosiasi Pendidikan Bahasa Inggris Turki) ke-9, Universitas Ekonomi dan Teknik, Ankara Turki.( http://eprints.qut.edu.au , diakses 3 April 2016).

Janudom, Ratchadapporn & Wasanasomsithi, Punchalee. 2009. Drama and Questioning Techiqual: Alat Ampuh untuk Peningkatan Program Internasional Mahasiswa. ESP Dunia, (online), Vol. 8, Edisi 5, ( www.esp-world.info , diakses 10 Maret 2016).

Richards, jack C. 2008. Pengajaran mendengarkan dan berbicara dari teori ke praktek new york: cambridge university press. (http://www.cambridge.org/elt/teacher-support/pdf/Richards-Teaching-Listening-Speaking.pdf).

Ustundag, Tulay. (1997). Kelebihan menggunakan drama sebagai metode pendidikan di sekolah dasar. HacettepeUniversitesiEgitimFakultesiDergisi13: 89-94.

MasoumElahe, Rostamy Mohsen, Malkhalifeh, Kalantarnia Zahra. 2013. Kajian Peran Drama dalam Pembelajaran Matematika, ISPACS.(www.ispacs.com/metr Volume 2013, Tahun 2013 ID Artikel metr-00016, 7 Halaman doi:10.5899/2013/metr-00016).

Alonso Segura, Convocatoria de Junio Rocio. 2012. Pentingnya pengajaran keterampilan mendengarkan dan berbicara. (https://www.ucm.es/data/cont/docs/119-2015-03-17-12.RocioSeguraAlonso2013.pdf)

Aguswuryanto.“Rubrik-Penilaian-Pembelajaran-Bahasa-Inggris”.13 september 2011 dalam penilaian bahasa (https://wordpress.com/.../)
Published
2022-01-29
Section
Articles