PENGEMBANGAN MODUL IPS TEMA KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU BERBASIS PENDEKATAN SOSIAL

  • Siti Halimatus Sakdiyah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Triwahyudianto Triwahyudianto Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: Modul IPS, Keragaman Budaya Bangsaku, Pendekatan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPS yang  mendiskripsikan kelayakan, kepraktisan serta respon siswa. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini yaitu 28 orang peserta didik kelas IV dan 1 guru kelas IV sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dari penilitian ini terdiri dari angket validasi materi, angket validasi bahasa, angket validasi media, angket kepraktisan guru, dan angket kepraktisan siswa. Hasil dari angket validasi materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 85,7% dengan kriteria “sangat layak”, ahli media memperoleh persentase rata-rata sebesar 96,8% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan berdasar uji kepraktisan guru mendapat persentase rata-rata 95% “sangat baik”, dan hasil dari respon siswa memperoleh persentase sebesar 93,5% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa Modul IPS Tema Keragaman Budaya Bangsaku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dapat dipergunakan sebagai bahan ajar karena telah memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan, serta mendapatkan respon yang baik dari siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Endayani, H. (2017). Pengembangan materi ajar ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 92–110. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/download/1158/922
Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/198
Kardiman, Y. (2014). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Kelompok Masyarakat. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 14(1), 1–13.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. 2011, 1–13.
Kurniawan, A., & Astuti, A. P. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik guru dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1–7.
Meilina, F., & , Fadli Surahman, M. S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK MINIATUR RUMAH ADAT PADA TEMA 7 UNTUK SISWA KELAS IV SDN 002 TEBING KABUPATEN KARIMUN. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Meldina, T., Agustin, A., & Harahap, S. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Institut Agama Islam Negeri Curup Sekolah Dasar Negeri 10 Pasaman PENDAHULUAN Pendidikan semestinya sudah dilakukan sedari dini yaitu dengan melakukan pendidikan dasar . Pada Undang-undang No. 4(1).
Published
2022-02-01
Section
Articles