PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DAN BUKU TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018-2019 DI MI NEGERI 2 JEMBER

  • Eko Iswanto IKIP PGRI Jember
  • Rudy Sumiharsono IKIP PGRI Jember
  • Syamsul Hidayat IKIP PGRI Jember
Keywords: powerpoint, bukuteks, hasil belajar siswa

Abstract

Melalui  penggunaan  sebuah  media  pembelajaran berbasis  buku  teks  sebagai  referensi utama dan media pembelajaran yang   berbasis power point yang menarik, belajar menjadi menyenangkan, tidak membosankan, penuh motivasi, semangat, menarik perhatian dan menanggapi suatu permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Kondisi belajar tersebut memungkinkan hasil belajar siswa menjadi meningkat, khususnya hasil belajar IPA.

Berdasarkan uraian latar belakang, masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut: a) Seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis power point terhadap peningkatan hasil belajar siswa?, b) Seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis buku teks terhadap peningkatan hasil belajar siswa? c) Seberapa besar pengaruh secara bersamaan penggunaan media pembelajaran berbasis power point dan buku teks terhadap peningkatan hasil belajar siswa?.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan metode survey. Adapun yang menjadi populasi dan sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MI Negeri 2

Jember yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara pembagian angket/kuesioner dengan skala Likert. Analisis data menggunakan rumus teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda dengan bantuan komputer dengan program SPSS 13.

Hasil penelitian ini juga menunjukan; (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis power point terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,863 menunjukan tingkat keeratan antara dua variabel tersebut adalah sangat kuat, (2) ada pengaruhnya penggunaan media pembelajaran berbasis buku teks terhadap peningkatan hasil belajar siswa, hasilnya koefisien korelasi adalah 0.893. Nilai koefisien korelasi sebesar 0.893 menunjukan tingkat keeratan antara dua variabel tersebut adalah sangat kuat (3) ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berbasis power point dan buku teks terhadap peningkatan hasil  belajar siswa. Secara bersamaan penggunaan media pembelajaran berbasis power point dan buku teks terhadap peningkatan hasil belajar siswa memiliki koefisien korelasi (R)  0,934,  menunjukan tingkat keeratan antara  ketiga  variabel tersebut  sangat  kuat, sedangkan   besarnya pengaruh kedua media pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 87,23 %. Pengaruhnya cukup besar dan signifikan.

Published
2019-04-16
Section
Articles