IMPLEMENTASI SKILL MELIPAT, MENARIK GARIS DAN MENUANG BIJI DAPAT MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI RA DEWI MASYITHOH MUSLIMAT NU KECAMATAN PUGER KAB. JEMBER

  • Lilik Widayati IKIP PGRI Jember
  • Samsul Hidayat IKIP PGRI Jember
  • Makmuri Makmuri IKIP PGRI Jember
Keywords: Peningkatan skill, Motorik Halus

Abstract

Peningkatan motorik harus menjadi prioritas utama dalam pembelajaran anak usia dini baik melalui skill melipat, menarik garis dan menuang biji dapat meningkatkan motorik halus anak usia dini. hal ini semua membutuhkan desain pembelajaran baik pada komponen perenacanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi skill melipat, menarik garis dan menuang biji dalam meningkatkan motorik halus Anak usia dini di RA Dewi Masyithoh Muslimat NU Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan junis studi kasus.Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu (1).Wawancara mendalam (indepth interview), (2). Pengamatan peran serta dan (3). dokumentasi.sedangkan Model analisis data menggunakan analisis data Milles dan Huberman dengan pengecekan keabsahan menggunakan kriteria kredibilitas. Hasil ini menunjukkan bahwa (a)  Perencaan skill diantaranya mengkroscek perencanaan kerja pada hari sebelumnya,membuat konsep untuk hasil belajar sebelumnya,menentukan permainan untuk menghidupkan pembelajaran, dan menentukan media pembelajaran,(b) Pelaksanaan skill, Pertama penerapan kultur keagamaan dalam proses pembelajaran Kedua, memaksimalkan peran dalam mengajar, seperti mengajak anak untuk menggunakan media-media yang ada disekitar lingkungan sekolah, memberikan stimulus untuk memacu  skill dan kreatifitas anak, dan melakukan pendekatan kepada anak yang mengalami kesulitan belajar. Ketiga, menyelingi pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain. Keempat, memperhatikan efektifitas penggunaan media dan efektifitas waktu, Kelima, menfungsikan orang tua dalam pembelajaran skill tertentu,(c) Evaluasi skill melipat, evaluasi terhadap perencanan dan pelaksanaan pembelajaran skill dilakukan kepala sekolah pertama, Kontrol secara internal melalui pengawasan kinerja pada guru-guru. Kedua, kontrol kepuasan orang tua. Evaluasi yang dilakukan oleh guru berpedoman pada kurikulum yang berlaku, sedangkan evaluasi orang tua tua kepada anak di rumah adalah dengan mereview pembelajaran yang sudah dididapatkan di sekolah.

Published
2019-04-16
Section
Articles