PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK PESAN TELEPON MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS VI C1 SDLB NEGERI PANGGUNGSARI TRENGGALEK

  • Sudarmaji Sudarmaji SDLB Negeri Panggungsari Trenggalek
Keywords: metode bermain, menyimak pesan, siswa tunagrahita

Abstract

Upaya peningkatan pemahaman siswa tidak lepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi. Hal ini diperlukan guru yang kreatif dan dapat membantu pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai oleh siswa. Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat saat proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak pesan telepon Kelas VI C1 SDLB Negeri Panggungsari Trenggalek  Penelitian Tindakan Kelas merupakan metode penelitian. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa tunagrahita Kelas VI yang siswanya berjumlah 6 anak Berdasarkan langkah-langkah yang diterapkan dalam 2 siklus pada penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan dalam menyimak pesan telepon siswa Kelas VI C1 SDLB Negeri Panggungsari Trenggalek mengalami peningkatan setelah diterapkan Metode bermain peran. Pada siklus I prestasi belajar siswa rata-rata : 66,7 dengan ketuntasan belajar 50 % dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85 dengan ketuntasan belajar 83,3 %.

Published
2019-01-16
Section
Articles