PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS I DI SDLB NEGERI PANGGUNGSARI KABUPATEN TRENGGALEK

  • SRI YUANI SDLB Negeri Panggungsari Trenggalek
Keywords: Kemampuan Mengenal Bangun Datar, Media Gambar, Anak Tunagrahita

Abstract

Fakta dilapangan terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran mata pelajaran matematika, anak tunagrahita pada kelas I SDLB Negeri Panggungsari Kabupaten Trenggalek mengalami kesulitan mengenal bangun datar sederhana. Rerata  nilai   hasil  belajar  anak  dibawah 60, jadi secara klasikal belum memenuhi batas ketuntasan belajar yang telah ditetapkan SDLB Negeri Panggungsari Kabupaten Trenggalek yakni 60 %.    Agar terjadi proses belajar yang efektif atau dapat mencapai hasil sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka dalam proses pembelajaran guru diharapkan mampu memilih media pembelajaran yang dianggap tepat, sesuai dengan tujuan, bahan dan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan proses pembelajaran dan menganalisis peningkatan kemampuan mengenal bangun datar melalui penerapan media gambar  pada anak tunagrahita kelas yang beumlah 2 anak I di SDLB Negeri Panggungsari  Trenggalek. Berdasarkan langkah-langkah yang diterapkan dalam 2 siklus mengalami peningkatan dan dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan, yakni 60 %. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar mengenal bangun datar. Rerata penilaian proses pembelajaran mengenal bangun datar pada siklus I pertemuan 1 sebesar 54 %, siklus I pertemuan 2 rerata sebesar 62 %,  dan siklus II pertemuan 1 rerata sebesar   83 %. Rerata penilaian hasil belajar mengenal bangun datar pada kondisi awal rerata sebesar 40 %, siklus I pertemuan 1 rerata sebesar    50 %, siklus I pertemuan 2 rerata sebesar 62 %, dan siklus II pertemuan 1 rerata sebesar   70 %.

Published
2019-01-16
Section
Articles