PENGARUH METODE ROLE PLAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU RINGAN KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PKN DI SLB-B & AUTIS TPA JEMBER

  • Ahmad Fauzi Wafa SMALB-B TPA JEMBER
Keywords: Metode role play, hasil belajar, mata pelajaran PKn, tunarungu ringan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media role play terhadap hasil belajar siswa tunarungu ringan kelas IX. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah SLB-B & AUTIS TPA Jember. Desain uji coba yang di gunakan adalah pre eksperimen dengan metode One Group Pretest Posttest Design. Data yang di ambil adalah data uji sign test. Penelitian ini di lakukan dengan observasi secara langsung tentang hasil belajar siswa sebelum dan setelah treatment di lakukan. Dari hasil uji sign test menggunakan α = 5%, dan sampel yang digunakan adalah 7 siswa tunarungu ringan yang duduk di kelas IX, maka di peroleh hasil 2,636 > 1,645 yang menunjukkan bahwa Ha di terima dan Ho ditolak. Yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa setelah treatment dilakukan. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh metode role play terhadap hasil belajar siswa tunarungu ringan kelas IX di SLB-B & AUTIS TPA Jember tahun ajaran 2018/2019.

 

Published
2019-01-16
Section
Articles