Efektivitas pemanfaatan Zinnia elegans dalam pengendalian hama hayati dengan teknik refugia pada tanaman cabe rawit (Capsicum frustescens) di Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi

  • Mohammad Syaifudin Aswan
  • Fitri Nurmasari
Keywords: Refugia, Hama, Serangga, Cabai, Pengendalian

Abstract

Cabe atau cabai rawit adalah salah satu tanaman komoditas dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi di daerah Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Tanaman cabe rawit di Desa Sidowangi dibudidayakan di lahan persawahan dengan produktivitas baik dan pola pertanaman yang teratur berkala. Potensi dan nilai ekonomi cabe rawit yang relatif tinggi menyebabkan cabe rawit menjadi komoditas unggulan di kawasan Kecamatan Wongsorejo, selain jagung dan semangka. Pada kondisi ideal, produktivitas tanaman cabe stabil sepanjang tahun disertai dengan harga yang relatif stabil, meskipun terjadi fluktuasi di bulan-bulan tertentu. Namun keberadaan dan serangan hama pengganggu tanaman berpotensi menyebabkan penurunan produksi yang pada akhirnya akan mengganggu stabilitas persediaan serta kualitas cabe rawit di pasaran. Penanganan hama dengan menggunakan insektisida perlahan sudah mulai dikurangi mengingat efek yang ditimbulkan dari penggunaan insektisida dalam jangka panjang. Karena itu dibutuhkan adanya metode dan teknik penanganan hama yang lebih eco friendly, murah dan mudah diaplikasikan di level petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan tanaman Zinnia elegans sebagai pengendalian hayati dengan teknik refugia pada tanaman cabe rawit. Hasil pengamatan dan analisis data menunjukkan adanya tingkat keanekaragaman serangga yang signifikan pada pertanaman cabe dengan refugia dan pertanaman cabe tanpa refugia. 

References

Keppel, G. et al. (2012). Refugia: Identifying and Understanding Safe Havens for Biodiversity Under Climate Change. Global Ecology and Biogeography, Vol 21, pp. 393-404.
Meilin, A. (2014). Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Cabai Serta Pengendaliannya. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi
Septariani, Herawati, Mujiyo. (2019). Pemanfaatan Berbagai Tanaman Refugia Sebagai Pengendali Hama Alami Pada Tanaman Cabai (Capsicum annum L..). PRIMA: Journal of Community Empowering a Services Vol 3(1), 2019 1-9 e-ISSN: 2579-5074.
Published
2022-11-29
Section
Articles