Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Metakognisi Siswa

  • Ainun Hamimah IKIP Budi Utomo Malang
  • Era Dewi Kartika IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: problem based learning, metakognisi

Abstract

Metakognisi merupakan sebuah pengaturan proses kognitif yang sangat mendukung kegiatan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap metakognisi siswa pada materi turunan fungsi kelas XI MA Raudlatul Ulum II Putukrejo Gondanglegi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan bentuk one group pre test-post test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Inventori berupa Metacognitive Activities Inventory (MCA-I) yang dikembangkan oleh Cooper dan Sandi-urena (2009). Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis Uji paired sampel t-test untuk pengujian perbedaan skor yang diperoleh siswa dari data pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap metakognisi siswa kelas XI di MA Raudlatul Ulum II Gondanglegi. Hasil uji paired sampel t-test ditemukan nilai t sebesar 9,130 dengan sig (2-tailed) 0,000. Oleh karena nilai signifkansi (sig.) kurang dari 0,05 (sig. < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap metakognisi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggo, Mustamin. 2012. Metakognisi dan Usaha Mengatasi Kesulitan dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual. Aksioma. Vol 01, No 1.

Cooper, M. M., dan Sandi-Urena, S. (2009). Design and Validation of an Instrument To Asses Metacognitive Skillfulness in Chemistry Problem Solving. Journal of Chemical Education, 86(2).

Hadi, A. N. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Malang pada Kemampuan Akademik Berbeda. Skripsi tidak diterbitkan, Malang:FMIPA UM.

Sili, Isabela F.K. dan Dian F.A. 2018. Analisis Proses Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Prismatika, Volume 1, Nomor 1.

Sudia, Muhammad. 2015. Profil Metakognisi Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Siswa. Vol 01, No 01.

Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Zamzam, Kenys Fadhilah. 2016. Pendekatan Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pedagogia, Volume 5, Nomor 2.
Published
2019-11-25
Section
Articles