Pengembangan Modul dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)

  • Francelina Ernia IKIP Budi Utomo Malang
  • Nopem K Sumitro IKIP Budi Utomo Malang
  • Yunis Sulistyorini IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: pengembangan, modul, contextual teaching and learning (CTL)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan modul matematika pada materi himpunan untuk siswa kelas VII dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) (2) mendeskripsikan kevalidan dan keefektifan modul matematika pada materi himpunan dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk siswa kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Pada tahap Analysis, peneliti melakukan analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, analisis kebutuhan siswa. Pada tahap Design, peneliti mengumpulkan buku referensi, penyusunan peta kebutuhan modul, membuat kerangka modul, menetapkan desain tampilan modul, menyusun desain instrumen penilaian. Pada tahap Development, peneliti mengembangkan modul sesuai dengan desain awal, menilai kualitas modul, dan melakukan revisi awal. Pada tahap Implementation, modul diujicobakan dalam pembelajaran di kelas VII A SMP Negeri 1 Talun. Pada tahap Evaluation, dilakukan evaluasi terhadap modul yang telah diujicobakan. Penelitian ini menghasilkan modul matematika materi himpunan dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) yang valid dengan skor rata-rata 3,55 yang termasuk dalam kategori sangat valid. Modul juga dinyatakan efektif dengan skor rata-rata angket respon siswa 3,10 yang menunjukan kategori baik, dan hasil tes evaluasi yang skor rata-ratanya 83,90 dan menunjukan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifendi, Rio F. dan Rudy Setiawan. 2019. Upaya Peningkatan Penalaran matematis Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Jurnal Prismatika, Vol. 1, No. 2.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhadi dkk. 2009. Pembelajaran Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva pres.

Suprijono, Agus. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Suherman, dkk. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA

Trianto. 2010. Desain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana.

Zamzam, K.F., dkk. Persepsi Mahasiswa terhadap LKM Geometri Transfomasi Berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Volume 6, Nomor 1.
Published
2019-11-25
Section
Articles