Pengaruh Teams Game Tournament Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

  • Qurrota A’yun Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dimas Anditha Cahyo Sujiwo IKIP PGRI JEMBER
Keywords: Teams Game Tournament, Game Puzzle, Prestasi Belajar

Abstract

Pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran yang menekankan  dalam kerjasama dan bertukar pikiran antar anggota kelompok dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran koperatif ini memberi peluang untuk seluruh siswa saling bahu membahu menyelesaikan tugas-tugas dalam kegiatan pembelajaran. Setiap aktivitas pembelajaran ini memberi tanggung jawab besar terhadap setiap siswa dalam tugas-tugas dalam kelompoknya. Dalam penelitian ini Game yang digunakan adalah menggunakan game puzzle dalam kegiatan pembelajarannya. Puzzle  ini adalah sebuah alat peraga yang memiliki manfaat dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran matematika. selanjutnya one-group pretest postest  desain merupakan rancangan penelitian ini. Jenis penelitian ini digunakan untuk mengukur awal suatu kelompok atau kelas yang disebut pretest kemudian diberikan sebuah stimulusrangsangan lalu dilakukan pengukuran kembali yang disebut postest. Data-data yang terkumpul selanjutnya dihitung menggunakan uji t. Analisis yang dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Teams Game Tournament terhadap sahil belajar siswa. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian ini didapatkan data untuk a = 5%, dk 25 diperoleh t-hitung = 3,18 yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih dari nilai t-tabel, nilai tersebut menyebabkan bahwa untuk Ha diterima sementara untuk H0 ditolak, kesimpulannya bahwa rata - rata nilai siswa setelah dilakukan tindakan pemberian Teams Game Tournament  lebih dari rata-rata nilai sebelum pemberian tindakan pembelajaran Teams Game Tournament. Berdasarkan analisis yang dilakukan ini, menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran Teams Game Tournament  terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Kadir.2005. Pengaruh pendekatan problem posing. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, hal 223.

Ke, F & Grabowski, B. 2007. Game playing for Maths Learning: Cooperatif or Not?. Brtish Journal of Educational Technologi, Volume 38 Nomor 2, hal 249-259.

Megawanti, P. 2015. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Volume 2 Nomor 3, hal 227 – 234.

Sadiman. A. S. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. Teori Riset dan Praktek. Terjemahan Narulita Yusron.Tanpa tahun. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: afabeta, cv.
Published
2019-11-25
Section
Articles