Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Artikulasi dan Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Representasi Matematis

  • Eugenia Wajo IKIP Budi Utomo Malang
  • Era Dewi Kartika IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: Representasi Matematis, Artikulasi, TGT

Abstract

Pembelajaran matematika di SMAK Baleriwu Danga masih didominasi oleh pembelajaran konvensional. Siswa selalu diposisikan sebagai obyek dan dianggap tidak tahu atau belum mengetahui, sementara guru memposisikan diri sebagai sumber yang mempunyai pengetahuan. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi SPLDV lebih cenderung rendah. Begitu pula dengan kemampuan representasi siswa di sekolah sampai saat ini masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari jawaban siswa dalam mengerjakan soal. Siswa kurang mampu menerjemahkan suatu permasalahan ke dalam model matematika atau sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Artikulasi dan Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMAK Baleriwu Danga pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode eksperimen. Pengambilan kelas dalam penelitian ini adalah “Randomized Posttest-Only Control Design” yaitu tiga kelompok yang masing-masing dipilih secara random kemudian diberikan tes akhir pada ketiga kelompok tersebut. Dimana kelas X IPA 1 dan IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yang dilakukan adalah persentasi nilai kemampuan representasi matematis siswa kelas Artikulasi sebesar 81,75%, kelas TGT sebesar 66,09% dan kelas kontrol sebesar 62,84%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfani, Amelian. 2013. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Penerapan Pendekatan Metakognitif. Skripsi. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Muthminnah. 2014. Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Metaphorical Thinking. Skripsi. PDF: Universitas Islam Syarif Hidayatullah.

Purnamasari, Yanti. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemandirian belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1).

Rahmawati, Nurina Kurniasari. 2017. Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121-134.

Rindiantika, Erva Septi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Geografi di SMAN 1 Natar Tahun 2015/2016. Skripsi. Universitas Lampung.

Siregar, Syofian. 2012. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Afabeta.

Suprijono, Agus. 2001. Model- model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Wepe, Sakalus; Suratno; Bevo Wahono. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dengan Peta Konsep terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa. Jurnal Edukasi UNEJ, 3(2), 13-18.
Published
2020-05-30
Section
Articles