Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Terbuka 1 Gumukmas

  • Amiliyah Firdausi IKIP PGRI Jember
  • Eric Dwi Putra IKIP PGRI Jember
  • Lutfiyah Lutfiyah IKIP PGRI Jember
Keywords: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran, Mind Mapping

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan alur pembelajaran oleh guru yang cenderung menggunakan pendekatan teacher center. Hal ini menjadi penyebab siswa mengalami kesulitan dalam hal konsep dan ide-ide pokok pembelajaran yang seharusnya dapat dipahami, sehingga mengakibatkan kurangnya siswa memahami, malas mencatat pelajaran. usaha yang serius perlu dilakukan oleh pengajar agar terjadi peningkatan pemahaman siswa yang dilakukan dengan diterapkannya gaya pembelajaran Mind Mapping. Dilakukannya observasi memiliki tujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan gaya pembelajaran Mind Mapping agar bisa menaikkan kinerja belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Terbuka 1 Gumukmas dengan materi pembahasan barisan dan deret. Pada penelitian ini, digunakan pendekatan berdasarkan mutu atau kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dimulai tanggal 15-29 Januari 2020. Data dikumpukan dengan tehnik pengamatan, tanya jawab, pemberian soal serta foto-foto. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwasannya gaya pembelajaran Mind Mapping yang bisa menaikkan prestasi belajar anak didik pada materi barisan dan deret rombel VIII SMP Negeri Terbuka 1 Gumukmas terdiri dari 6 langkah. Dan hasil observasi menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar yang diawali siklus I ke siklus II sebesar 25% serta kegiatan dalam belajar siswa meningkat sebesar 8, 21%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Trisia. 2013. Pengaruh Pemberian Bantuan (SCAFFOLDING) Pada Aktivitas Belajar Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Bandar Lampung: Universitas Lampung. https://www.onesearch.id/Record/IOS4198.1729/Preview. diakses 15 Februari 2020.

Aqib, Zainal. 2013. Model- model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya

Buzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fathurrohman, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Faelasofi, Rahma.2016. Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal e-DuMath.Volume 2 No.2. Lampung. file:///C:/Users/AAA/Downloads/338187386-mind-mapping.pdf. diakses 8 November 2019. diakses 12 November 2019.

Grasindo. UUD 1945 & Amandemennya Untuk Pelajar dan Umum. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hobri.2009. Model- model Pembelajaran Inovatif.Jember: Center For Society Studies (CSS).

Marxy, Anastasia. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), Vol 02. Jawa Barat. file:///C:/Users/AAA/Downloads/2490-6633-1-SM%20(5).pdf). diakses 16 November 2019.

Putra, ED. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Untuk Meingkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Batu. Malang:Universitas Negeri Malang. Tesis tidak diterbitkan.

Wiriaatmadja, R. 2014.Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2020-05-30
Section
Articles