Penggunaan Algoritma Floyd-Warshall untuk Menentukan Rute Terpendek Menuju Air Terjun Waimarang

  • Fatmawati Ridwan IKIP Budi Utomo Malang
  • Ririn Dwi Agustin IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: Algoritma Floyd-Warshall, Rute Terpendek

Abstract

Algoritma Floyd-Warshall yaitu metode pemecahan masalah dengan memandang solusi yang diperoleh sebagai keputusan yang saling terkait. Algoritma yang ditemukan Warshall ini untuk mencari rute terpendek. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus meneliti kasus tertentu yang ada di dalam masyarakat yang dilakukan secara mendalam untuk mempelajari latar belakang, keadaan dan interaksi yang terjadi. Hasil penelitian ini adalah mendapatkan rute terpendek menuju Air Terjun Waimarang dengan menggunakan Algoritma Floyd-Warshall di Sumba Timur. Tahap awal dari pencarian Rute Terpendek yaitu dengan mencari rute-rute yang menuju ke Air Terjun Waimarang dengan jarak, waktu dan biaya yang lebih sedikit. Titik-titik yang ada kemudian saling dihubungkan sesuai dengan jalan yang dilewati oleh kendaraan sehingga menjadi suatu jalur. Kemudian jalur yang sudah terbentuk dibuat matriks ketetanggaan dan dihitung menggunakan Algoritma Floyd-Warshall sehingga didapatkan pilihan jalur yang terpendek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ammar, Chaedar dan Heri Suprapto. 2015. Penerapan Algoritma Floyd Warshall dalam Pencarian Rute Terpendek dan Tercepat pad Studi Kasus di Singapura hingga Thailand Selatan Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, Vol. 20, No. 2.

Asriandy, Ian. 2016. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Bissapu di Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Az-Zahra, Rifqi R. 2017. Implementasi Algoritma Floyd Wharshall untuk Pencarian Jalur Terpendek Non Player Character (NPC) pada Game 3D Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab. Skipsi. UIN Malang.

Dermawan, Tri Setya. 2019. Comparison of Djikstra dan Floyd-Wharshall Algorithm to Determine the Best Route of Train. International Journal on Informatics for Development. Vol. 7, No. 2.

Ernawati, J. 2018. Air Terjun Waimarang Bak Surga Tersembunyi dari Sumba Timur. (Online), https://www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/1067238-air-terjun-waimarang-bak-surga-tersembunyi-dari-sumba-timur.

Muzdalifah, Lilik, Kresna O., Eka D.M. 2018. Model Jaringan Distribusi Beras Optimal Menggunakan Algoritma Floyd Wharshall. Jurnal Riset dan Aplikasi Matematika (JRAM), Vol. 2, No. 2.

Ningrum, Widya Friska dan Tatyantoro Andrasto. (2016). Penerapan Algoritma Floyd-Warshall Dalam Menentukan Rute Terpendek Pada Pemodelan Jaringan Pariwisata Di Kota Semarang. Jurnal Teknik Elektro Vol.8, No.1.

Prakoso, J. R. 2018. Air Terjun Waimarang, Kolam Renang Alam dari Sumba Timur. (Online), https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4192708/air-terjun-waimarang-kolam-renang-alam-dari-sumba-timur.

S, Mulyadi. 2017. Ekonomi Sumber Daya Manusia: Dalam Perspektif Pembangunan. Jakarta: Rajawali Press.

Setiawan, Vega, Mariatul K, Woro B.P. 2017. Analisis Algoritma Floyd Wharshall untuk Menentukan Lintasan Terpendek Pengangkutan Sampah. Buletin Ilmiah Math. Stat. dan Terapannya (Bimaster), 6(3), 221-230.

Siswanto. 2006. Operations Research Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Published
2020-10-31
Section
Articles