Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Kelas XI TBG 1 SMKN 3 Jember Melalui Aplikasi Google Classroom

  • Sevi S Addine SMKN 3 Jember
Keywords: Google Classroom, Keaktifan

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui aplikasi Google Classroom. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI TBG 1 SMKN 3 Jember. Teknik pengumpulan data pada peneliltian ini meliputi observasi, tes. Keaktifan belajar melalui aplikasi Google Classroom dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesarĀ  66,3%, setelah diberikan tindakanĀ  pada siklus II dengan menggunakan model pembelajaran inovatif mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 75 % dengan siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajarĀ  siswa dengan menggunakan aplikasi Google Classroom, sehingga dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa juga meningkat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.

D. P. (2020, 10 28). Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli. Retrieved from hasil-belajar: https://www.dosenpendidikan.co.id/hasil

Fathur. (2020, Februari 10). STEAM Sebuah Pendekatan Pembelajaran Abad 21. Retrieved from steam-sebuah-pendekatan-dalam: http://www.fathur.web.id/2020/02/steam-sebuah-pendekatan-dalam.html

Huda, F. A. (2018, Februari 21). Pengertian Keaktifan Belajar. Retrieved from pengertian-keaktifan-belajar: http://fatkhan.web.id/pengertian-keaktifan-belajar/

Mariani, S. (2019). Pendalaman Materi Matematika Modul 4 Kombinatorik dan Statistika. Semarang: Kemdikbud.

Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Salirawati. (2011). Teknik Analisis Data dalam PTK. Yogyakarta: Sleman.

Sifa, R. (2015, Juni 17). Sampling Purposive (Pengumpualan data). Retrieved from sampling-purposive-pengumpualan-data: https://www.kompasiana.com/rosifa/55608913c523bd6b49ff3c1a/sampling-purposive-pengumpualan-data.

Sudjana, N. (2006). Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2020-10-31
Section
Articles