Ketuntasan Belajar Matematika Masa Pandemi Covid-19 Program Televisi Edukasi Belajar dari Rumah

  • Lutfiyah Lutfiyah IKIP PGRI Jember
Keywords: Ketuntasan Belajar, Pandemi, Televisi Edukasi, Belajar dari Rumah

Abstract

Kebijakan pemerintah masa pandemi Covid-19 dibidang pendidikan salah satunya adalah siswa tetap belajar dari rumah masing-masing, televisi edukasi yang disediakan salah satunya pada channel TVRI berupa program edukasi belajar dari rumah. Penelitian ini membahas ketuntasan belajar matematika dengan tujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar matematika masa pandemi Covid-19 program televisi edukasi belajar dari rumah dalam mencapai standar ketuntasan minimal sesuai ketentuan Dinas Pendidikan. Jenis penelitian deskriptif, subjek dalam penelitian ini siswa Madrasah Tsanawiyah kelas VIII, teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian, nilai harian pertama dengan materi perbandingan siswa yang tidak tuntas sebanyak 8% sedangkan yang tuntas sebanyak 92%, analisa nilai harian kedua dengan materi teorema Phytagoras siswa yang tidak tuntas sebanyak 12% sedangkan yang tuntas 88%, analisa nilai harian ketiga dengan materi aritmatika sosial siswa yang tidak tuntas sebanyak 12% sedangkan yang tuntas sebanyak 88%, analisa nilai harian keempat dengan materi lingkaran siswa yang tidak tuntas sebanyak 8% yang tuntas 92%, analisa nilai harian kelima dengan materi pecahan siswa yang tidak tuntas 12% yang tuntas 88%, analisa nilai harian keenam dengan materi bangun ruang sisi lengkung siswa yang tidak tuntas 16% sedangkan yang tuntas 84% dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan televisi edukasi TVRI ketuntasan belajar siswa pada penilaian pertama sampai penilaian kelima sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal, sedangkan pada penilaian keenam belum mencapai kriteria ketuntasan minimum

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 7(4). 281-288. Lombok Timur : IKIP Mataram

Masdafni. 2020. Pembelajaran Daring Menggunakan Video Animasi Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIC SMPN 1 Seberida. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1752-1763, Riau : Pendidikan Tambusai.

Menteri Kesehatan RI. Keputusan nomor HK.01.07/MENKES/413/2020. Tentang pedoman pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020. Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Peraturan Pemerintah RI. Nomor 40 tahun 1991. Tentang Penanggulangan Wabah Penyakit Menular

Pratama L.D, Lestari W, Astutik I. 2020. Efektifitas Penggunaan Media Edutainment di Tengah Pandemi Covid-19. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9 (2). 413-423. Universitas Muhammadiyah Metro.

Ratnawati, F.A. 2020. Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi Dengan Aplikasi Google Classroom Pada Materi Usaha Dan Energi. Ideguru:Jurnal Karya Ilmiah Guru. 5(1). 49-55.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Wiryanto. 2020. Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 6(2).
Published
2020-10-31
Section
Articles