Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung

  • Kholifatus Zaqiyah IKIP PGRI Jember
  • Lutfiyah Lutfiyah IKIP PGRI Jember
  • Dwi Noviani Sulisawati IKIP PGRI Jember
Keywords: Pengembangan, RME, Modul, Bangun Ruang Sisi Lengkung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis Realistic Mathematics Education untuk pembelajaran  bangun ruang sisi lengkung yang dilaksanakan di kelas IX di MTs Baitur Rohmah yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan modul ditinjau dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Pada penelitian ini dihasilkan pula instrumen penelitian yaitu lembar validasi, lembar observasi, tes, dan angket. Modul diuji kevalidannya oleh ahli materi dan media. Dari uji coba lapangan, didapat penilaian kepraktisan modul yang dinilai dari hasil angket respon siswa dan respon guru. Sedangkan untuk penilaian keefektifan modul dinilai dari tes hasil belajar siswa, aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Hasilnya yaitu tersusunnya modul berbasis Realistic Mathematics Education untuk pembelajaran  bangun ruang sisi lengkung yang valid, praktis, dan efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiningsih, F. L. (2011). Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle Dengan Penekanan Pada Tahap Engagement Dalam Pembelajaran Sistem Pernafasan Di SMA. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Dahlan, A.H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Ketertarikan Belajar Matematika. Tesis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Hobri.(2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Nasiroh, D. (2014). Pengembangan Modul Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Barisan dan Deret Untuk Siswa SMP Terbuka kelas IX. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif; Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Ratnasari, R. E. (2014). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Materi Dimensi Tiga Siswa kelas X MA Unggulan Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi: STAIN Tulungagung.

Runadi, Taruga. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suzana, A. (2012). Pengembangan Modul Matematika Program Bilingual Pada Materi Segiempat Dengan Pendekatan PMRI Untuk Siswa SMP kelas VII Semester Genap. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2020-10-31
Section
Articles