Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Lengkung Menggunakan Model Disco

  • Ules Sumule SMP Negeri 1 Sangatta Utara, Indonesia
Keywords: Keterampilan Komunikasi Lisan, Model Disco, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini  adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan model pembelajaran disco. Penelitian ini dilaksanakan di  SMP Negeri 4 Kaubun  Tahun  Pembelajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian siswa kelas IXA dan obyek penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model disco yang dilaksanakan dalam enam kali pertemuan pembelajaran, terbagi dalam tiga siklus, yaitu siklus I dua kali, siklus II, dua kali pertemuan dan siklus III dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi keterampilan komunikasi lisan, format penilaian, soal dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan komunikasi lisan dari 3% siswa yang berkomunikasi lisan kurang baik pada siklus I menjadi 0% siswa pada siklus III dan 67% siswa yang dapat berkomunikasi lisan dengan baik pada siklus I menjadi 3% pada siklus III,  serta 22% siswa yang berkomunikasi lisan sangat baik pada siklus I meningkat menjadi 97% pada siklus III atau meningkat 75%. Sementara itu nilai hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 70% siswa mengalami peningkatan nilai  yang sedang dan 30% siswa mengalami peningkatan nilai yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto S, Suhardjono & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Ariyana Y,. Pudjiastuti A,. Bestary R,. Zamroni. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Budiman, A. & Jailani. 2014. Pengembangan instrumen asessmen higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1, 139-151.

De Lange, J. 2004 Mathematical Literacy for Living from OECD-PISA Perspective. Paris: OECD-PISA.

Hake, Richard R. 1999. Analyzingchange/GainScores.Diakses melalui http://www. Physics. indiana. edu/sdi/analizing-Change-Gain.pdf. (tanggal 14 Pebruari 2014).

Lestari E.K & Yudhanegara M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Moleong L.J.2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nur, M &Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan

Shadiq, F. 2014. Pembelajaran Matematika. Cara meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research and Practice. 2nd Edition. Boston: Allyin and Bacon.
Published
2021-05-03
Section
Articles