Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021

  • Nurul Layalil A’dadiyyah IAIN Kudus, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk melihat apakah ada dampak dari pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas V MI NU Wasilatut Taqwa, Kudus. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus. Hipotesis penelitian ini adalah adanya dampak dari pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika dan menurunnya hasil belajar matematika siswa di kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus yang terdiri dari 25 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji dua arah dan uji satu arah (kiri) pada taraf 5 % atau  a = 0.05 Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, didapatkan bahwa adanya dampak dari pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika, yakni menurunnya hasil belajar matematika atau nilainya tidak mencapai KKM matematika siswa kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus pada materi volume kubus dan balok. Kemampuan siswa menyelesaikan soal tes yang berhasil itu hanya 36 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Nugraha. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (3).

Chairudin, Ahmad. 2020. Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Prestasi Siswa Kelas 5 & 6 MI Ma’arif Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Maya, Monawati, & Said. (2017). Pengaruh Media E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1). Aceh: FKIP Unsyiah.

Mudjiono, Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurdinah, Isrok’atun, dkk. 2020. Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sumanto. 2020. Teori dan Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: ANDI Anggota IKAPI.

Usman, Husaini & Akbar, R. Purnomo S. 2008. Pengantar Statistika (Edisi Kedua). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yazdi, M. 2012. E-Learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 3 (2). Sulawesi Tengah: Universitas Tadulako.
Published
2021-05-03
Section
Articles