Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Watson dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa SMP Darul Aitam Palembang

  • Karimawati Karimawati Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Ali Syahbana Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Tika Dwi Nopriyanti Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Keywords: Adversity Quotient, Kesalahan Siswa, Prosedur Kesalahan Watson

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesikan soal materi keliling dan luas lingkaran ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) siswa. Terdapat 3 tipe AQ yaitu Climbers (tinggi, cukup), Campers dan Quitters (kurang, rendah). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa Angket (AQ), tes tertulis berjumlah 9 soal uraian dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Darul Aitam Palembang, dengan subjek seluruh siswa kelas IX.3 berjumlah 30 orang siswa untuk dianalisis jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi keliling dan luas lingkaran berdasarkan AQ yang mereka milliki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa yang memiliki AQ pada tipe Climbers melakukan kesalahan manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/UM) dalam proses menyelesaikan soal yang diberikan, 2) siswa yang memiliki AQ tipe Campers melakukan kesalahan yaitu data tidak tepat (inappropriate data/IN), kesimpulan hilang (omitted conclusion/ON), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/UN), kesimpulan tidak tepat (above other/AO). 3) siswa yang memiliki AQ tipe Quitters melakukan kesalahan data tidak tepat (innappropriate data/IN), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/IP), data hilang (omitted data/OD), masalah hirarki keterampilan (skills hierarchy problem/SHP), kesimpulan hilang (omitted conclusion/OC), konflik level respon (response level conflict/RLC), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/UN) dan kesimpulan tidak tepat, tidak menjawab soal (above other/AO).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Y. T. 2011. Analisis Kesalahan Sisa Kelas VIII SMP N 10 Semarang dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pokok Lingkaran dengan Panduan Kriteria atson . Skripsi, 1-98.

Azwar, S. 2015. Penyusuanan Skala Psikologi Edisi 2 . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Matore, M. a. 2015. The Influence of AQ on The Academic Achievement among Malaysian Polytechnic Student. International Education Studies, Vol.8(6) : 69-74.

Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. 2017. Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, Vol.16(2) : 1-6.

Wardiana, I. e. 2014. Hubungan antara Adversity Quotient (AQ) dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD di Kelurahan Pendungan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.2(1) : 24-34.

Pratiwi, Y. C. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP dalam Pembelajaran Creative Problem Solving Ditinjau Dari Adversity Quotient. Skripsi, 1-326.

Hidayat, W., & Sarinigsih, R. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, Vol.2(1) : 112-113.

Saputri, R. R., Sugiarti, T., Murtikusuma, R. P., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Kadikma, Vol.9(2), 59-68.

Sari, I. W. 2018. Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Widyaloka ,Vol. 5(2), 142.

Stoltz, P. G. 2000. Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo
Published
2021-05-03
Section
Articles