Analisis Kemampuan Representasi Visual Matematis: Dampak Model Pembelajaran Rolem dan Tipe Kepribadian Keirsey

  • Wahyuni Ayu Lestari Universitas Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Farida Farida Universitas Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Siska Andriani Universitas Raden Intan Lampung, Indonesia
Keywords: Representasi Visual Matematis, Tipe Kepribadian Keirsey, Rolem

Abstract

Kemampuan representasi visual sangat penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  Rolem dan tipe kepribadian keirsey terhadap kemampuan representasi visual matematis. Penelitian kuantitatif dengan jenis quasy experimental dan desain yang digunakan adalah post-test only control. Teknik acak kelas digunakan dalam teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data yaitu tes kemampuan representasi visual matematis dan angket tipe kepribadian. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama diperoleh  hasil penelitian  ditolak dengan nilai signifikansi antar model pembelajaran sebesar ,  diterima dengan nilai signifikansi antar tipe kepribadian sebesar ,  diterima nilai signifikansi antar model pembelajaran dan tipe kepribadian sebesar , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Rolem terhadap kemampuan representasi visual matematis, tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian terhadap kemampuan representasi visual matematis dan tidak terdapat interaksi model pembelajaran  Rolem dan tipe kepribadian terhadap kemampuan representasi visual matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, Bambang Sri. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 7 (1): 11–20. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.23.

Arfani Manda Tama, Achi Rinaldi, dan Siska Andriani. 2018. “Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM).pdf.” Desimal: Jurnal Matematika 1.

Hendriana, Evinna Cinda dan Arnold Jacobus. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasan.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 1.

Huda, Ummul, Edwin Musdi, dan Nola Nari. 2019. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika.” Ta’dib 22 (1): 19. https://doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226.

Muh. Sain Hanafy. 2014. “Konsep Belajar dan Mengajar.” Lentera Pendidikan.

Panjaitan, Binur. t.t. “Karakteristik Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian,” 10.

Sayang, Arien, Theresia Laurens, dan Anderson L Palinussa. 2020. “Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian.” JUMADIKA: Jurnal Magister Pendidikan Matematika 1 (2): 71–80. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss2year2019page71-80.

Setyowati, Tuty. 2016. “Koneksi Kemampuan Representasi Matematis Tipe Visual-Simbolik Siswa Kelas XI IPA SMAN Kabak Kramat,” 9.

Shufriyah, Nailus, dan Sikky El Walida. 2020. “Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Rolem Ditinjau Kecerdasan Emosional Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII” 15 (18): 17.

Warren, Elizabeth, Katherine Harris, dan Jodie Miller. 2014. “Supporting Young ESL Students from Disadvantaged Contexts in Their Engagement with Mathematics: Teachers’ Pedagogical Challenges.” International Journal of Pedagogies and Learning 9 (1): 10–25. https://doi.org/10.1080/18334105.2014.11082016.
Published
2021-05-03
Section
Articles