Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyusun Tes Matematika HOTS

  • Welas Listiani IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
  • Yunis Sulistyorini IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
Keywords: Kompetensi Pedagogik, Tes Matematika, HOTS

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di IKIP Budi Utomo dalam menyusun tes Matematika berbasis HOTS. Ini ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik mengembangkan instrument penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran Matematika memerlukan kemampuan pedagogik yang lain yaitu: kemampuan memahami karakteristik peserta didik, teori belajar, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dan kemampuan berkomunikasi. Mahasiswa hanya dapat menyusun soal HOTS pada level C4 atau menganalisis dan masih memerlukan bantuan dari dosen atau fasilitator untuk dapat menyusun soal HOTS dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. H., Mokhtar, M., Halim, N. D. A., Ali, D. F., Tahir, L. M., & Kohar, U. H. A. 2017. Mathematics teachers’ level of knowledge and practice on the implementation of higher-order thinking skills (HOTS). Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00601a

Anwar, B. 2019. Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran. Shaut Al Arabiyyah. https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7129

Ariandari, W. P. 2015. Mengintegrasikan Higher Order Thinking dalam Pembelajaran Creative Problem Solving. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015.

Budiman, A., & Jailani. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) ... ( Agus Budiman, Jailani ) - 139. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Dinni, H. N. 2018. HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma.

Novianti, N., & Nurlaelawati, I. 2019. Pedagogical Competence Development Of University Teachers With Non-Education Background: The Case Of A Large University Of Education In Indonesia. International Journal of Education. https://doi.org/10.17509/ije.v11i2.15711

Permendiknas No: 16/2007, L. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. In vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

Sa’idah, N., Yulistianti, H. D., & Megawati, E. 2018. Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6619.41-54

Setiawati, W., LPMP Kalimantan Timur Oktavia Asmira, Mp., LPMP Kepulauan Bangka Belitung Yoki Ariyana, M., Widyaiswara PPPPTK IPA Bandung Reisky Bestary, M., Widyaiswara LPMP Provinsi Riau Ari Pudjiastuti Widyaiswara PPPPTK PKn dan IPS Batu, Mp., & Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, D. (n.d.). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills.
Published
2021-05-03
Section
Articles