Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi

  • Waris Waris IKIP PGRI Jember
  • Elok Maratus Sholeha IKIP PGRI Jember
  • Fatimatuz Zuhro IKIP PGRI Jember
Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, Persentase Ketuntasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran model belajar Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memiliki  subyek penelitian siswa kelas VII-D SMP Negeri I Arjasa Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Penelitian ini berakhir dengan  2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi model belajar Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus ke-1 sebesar 51,72 %, dan meningkat menjadi 86% pada siklus ke-2.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-30
Section
Articles