Peningkatan Pengetahuan Lansia Melalui Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Pada Lansia Pre-Menopause di Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih

  • Irma Noervadila STKIP PGRI Situbondo
  • Yesi Puspitasari STKIP PGRI Situbondo
  • Lisma Dian Kartika STKIP PGRI Situbondo
  • Darsih Idayani STKIP PGRI Situbondo
  • Ahmad Khafas Rasyidi STKIP PGRI Situbondo
Keywords: Menopause, penyuluhan Kesehatan, Pre-Menopause

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan manusia akan terhenti, sehingga berikutnya akan terjadi banyak perubahan pada fungsi tubuh manusia. Perubahan tersebut paling banyak terjadi pada wanita karena pada proses menua terjadi suatu fase yaitu fase menopause (Sasitorn, 2016). Menopause merupakan masa berhentinya menstruasi yang terjadi pada perempuan dengan rentang usia 48 sampai 55 tahun. Peristiwa Pre-menopause sering tidak menjadi perhatian bagi kebanyakan wanita karena dianggapnya sebagai peristiwa alami, sebagian kecil mengganggapnya sebagai sesuatu yang buruk, menopause juga dianggap sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan secara terbuka. Hal ini dikarenakan dasar pengetahuan wanita tentang menopause masih sedikit sehingga wanita Pre-menopause enggan untuk mencaritahu tentang informasi tentang Pre-menopause. cara mengatasimasa menopauseketerlibatan pemerintah dan juga masyarakat dalam mengatasi masalah menopause antara lain bekerjasama dengan tim dari berbagai disiplin ilmu misalnya psikologi dan tenaga kesehatan melalui kegiatan posyandu lansia sebagai tempat efektif untuk memberikan informasi tentang Pre-menopause, menopause, dan pasca menopause. Peran bidan di komunitas diharapkan dapat memberikan konseling di wilayah kerjanya sebagai tempat yang efektif untuk memberikan informasi tentang Pre-menopause, menopause, dan pasca menopause.

 

References

Dewa Ayu .A.P. 2013. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Sikap Menghadapi Menopause Pada Ibu Pre-menopause Di Dukuh Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Sekolah Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
Firda.F dan M. Ridwan. 2014. Hubungan Usia Melahirkan Terakhir, Riwayat Pemakaian Kontrasepsi, Menarche Dan Budaya Dengan Menopouse Di Kel. Mulyosari Kec. Metro Barat. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai Volume VII No.1 Edisi Juni 2014, ISSN: 19779-469X.
Intan. N.H. 2017.Hubungan Tahapan Menopause Pada Wanita Dengan Tingkat Kecemasan Di Desa Karangtanjung Alian Kebumen. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong.
Mahbuban. 2016. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah Studi pada Bank Sampah Sinar Lestari RW 09 kepala desa Sorosutan, KecamatanUmbulharjo, Yogyakarta. Skripsi. State Islamic University Kalijagat Yogyakarta.
Maria. T. W. 2011. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Kecemasan Pada Wanita Pre Menopause Di Desa Jendi Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Tesis. Univeritas Sebelas Maret Surakarta
Nirwana Laeli. 2017. Pengaruh Penyuluhan Tentang Pre-menopause Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pada Ibu Pre-menopause Di Dusun Cambahan Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Naskah Publikasi. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Nuningsih. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Monopause Dengan Keluhan Wanita Saat Monopause Di kepala desa Cijantung Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timut Tahun 2012.
Sasitorn Rakkuea. 2016. Gambaran Pengetahuan Wanita Tentang Menopause Di
Dukuh Sorobaon Kekepala desaan Jati Kecamatan Jaten Kabupaten Karangayar.
Vika Aprilia.S. dan Yuli Isnaeni. 2012. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Menopause Terhadap Kesiapan Menghadapin Menopause Pada Wanita Usia 40 Tahun ke Atas Di Dusun Kempleng Karang Sewu Galur Kulon Progo. Skripsi. PSIK STIKES Aisyiyah Yogyakarta.
Published
2020-04-01
Section
Articles