Pelatihan Desain Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Barito Kuala

  • Yansyah Yansyah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Hafizhatu Nadia Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Tenny Murtiningsih Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Keywords: Pelatihan untuk Guru, Penelitian Tindakan Kelas, MGMP

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus profesionalitas guru. Namun, banyak guru yang masih bingung mengenai bagaimana memulai, membuat, dan melaporkan hasil PTK mereka. Artikel ini membahas tentang pengabdian masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh dosen prodi pendidikan Bahasa Inggris Universitas Banjarmasin dalam membantu para guru MGMP Bahasa Inggris. PKM berbentuk pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari dan ditindaklanjuti melalui bimbingan hingga artikel penelitian berhasil diterbitkan. Materi yang diberikan terkait tahapan-tahapan PTK, analisis artikel PTK, dan akses jurnal bereputasi sebagai sumber referensi. Metode pelatihan berupa ceramah, diskusi kelompok, dan praktik. Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta dan observasi selama pelatihan, mereka merasa bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam meneliti. Sebagian peserta, bahkan, telah memiliki konsep tentang apa yang akan mereka teliti.

 

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah, 1(1), 1–19.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25.
Latief, M. A. (2012). Research Methods on Language Learning: An Introduction (First Edit). Malang: UM Press.
Pramswari, L. P. (2016). Persepsi Guru SD terhadap Penelitian Tindakan Kelas. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 53–68.
Zahro, N. H. (2019). PKM Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Situbondo di SD Islam Al Abror. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 89–98.
Published
2020-04-01
Section
Articles