PEMBERDAYAAN PENGUSAHA MINUMAN SINOM DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MELALUI PENGEMASAN DAN PELABELAN PRODUK

  • Andry Herawati Universitas DR Soetomo Surabaya
  • Liling Listyawati Universitas DR Soetomo Surabaya
Keywords: pengembangan usaha, pelabelan, kemasan

Abstract

Sinom merupakan minuman segar yang kaya akan manfaat, karena terbuat dari bahan-bahan alami asli Indonesia dan dilakukan pengolahan tanpa bahan pengawet. Hasil survei awal teridentifikasi ada 3 (tiga) masalah yang dihadapi oleh mitra yaitu: (1) kurangnya mampunya mitra dalam memasarkan produk, (2) produk minuman sinom mitra belum dikenal oleh pelanggannya, dan (3) mitra belum mampu memperluas jangkauan pasar. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan mitra dapat dibagi menjadi 3 (tiga) tahap yaitu: (1) melakukan pembelajaran kepada mitra tentang pengembangan produk (label & kemasan) dan pengelolaan manajemen usaha (pembukuan sederhana), (2) perancangan desain label produk minuman sinom, dan (3) penambahan kemasan baru dengan ukuran lebih kecil . Hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan adalah Mitra telah memahami pentingnya dan manfaat akan pelabelan produk dan mitra menjadi memahami akan undang-undang yang mengharuskan setiap produk yang dipasarkan harus diberi label, dan Mitra telah mampu membuat sendiri pembukuan sederhana untuk mencatat arus pengeluaran dan pemasukan uamg sesuai materi yang telah diajarkan, Kemasan botol minuman sinom yang dipasarkan Mitra telah berlabel untuk meningkatkan citra produk, dan telah ada kemasan gelas minuman produk sinom mitra dan mesin cup sealer dengan tujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Published
2018-02-15