Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Cilegon Banten

  • Tri Wahyudi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Edy Arisondha Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fiesty Utami Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Pengusaha Mikro, Kinerja Keuangan, Pengabdian

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan kepada mitra kami (pengusaha mikro) dalam mengelola keuangan di kota Cilegon. Pengelolaan ini khusus nya terkait dengan pencatatan sehingga dapat menghasilkan suatu pengelolaan yang baik dan bisa mencerminkan kondisi usaha yang sebenarnya. Meningkatnya kinerja khususnya terkait dengan pemahaman laporan keuangan merupakan target khusus dari kegiatan ini. Metode yang dipakai pada pengabdian masyarakat ini adalah Ceramah, Tutorial, Diskusi, serta di lakukan monitoring secara berkala selama periode kegiatan pengabdian. Setelah pelatihan ini berakhir, mitra secara mandiri dan paham dalam pengelolaan usaha nya tidak hanya dari aspek produksi nya tetapi juga dari aspek manajemen atau pengelola keuangan.

References

Maulani, T.S. 2016. Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana dan Motivasi Kewirausahaan pada Kelompok Usaha Makanan RW 02 Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler Bandung. Jurnal Dharma Bhakti STIE Ekuitas, 1(1), 33.
Rivai, V. 2013. Commerical Bank Management: Manajemen Perbankan dan Teori ke Praktik. Edisi 1. Cetakan 1. Jakarta: Rajawali Pers.
Subur, R.S. dan Muhammad, H. 2014. Pelatihan Manajemen Keuangan pada pelaku Usaha Toko Kelontongan Dusun Puluhan Desa Banyusidi Pakis Magelang Jawa Tengah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 3(2): 139.
Published
2021-03-30
Section
Articles