Pendampingan Konselor Sekolah Pada Pengenalan Potensi Belajar Siswa di MTs Darussalam Kabupaten Sidoarjo

  • Eni Fariyatul Fahyuni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Yayuk Fauziyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ida Rindaningsih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Rifa`Atus Shoolihah Zamzami Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dinar Roudhotul Lailia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Konselor Sekolah, Potensi Diri, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Peran konselor sekolah sangat penting dalam menyiapkan program layanan bimbingan dan konseling yang dapat bersinergi dengan bidang pendidikan lainnya. Program layanan bimbingan dan konseling yang disiapkan konselor sekolah adalah untuk membimbing setiap individu yang sedang berada pada proses perkembangan. Pembimbingan ini bertujuan pemahaman dan pengenalan potensi setiap individu agar mampu berkembang sesuai kapasitas yang dimilikinya. Layanan Bimbingan dan Konseling merupakan salah satu program layanan yang turut andil dalam mensukseskan pelaksanaan program dan prestasi belajar siswa di sekolah. Terdapat 4 (empat) tahapan dalam pelaksanaan Iptek bagi masyarakat yakni 1) perencanaan; 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, dan 4) evaluasi dan tindak lanjut atas program layanan bimbingan yang konseling yang sudah diterapkan. Optimalisasi peran konselor BK bertujuan menjembatani kesulitan belajar siswa di masa pandemic COVID-19 dengan memberikan layanan bimbingan konseling pada pengenalan potensi belajar untuk siswa dapat merancang strategi belajar efektif.

References

Amin, N. S. 2019. Pengaruh Pemahaman Diri Terhadap Sikap Mandiri Siswa Pada SMP Negeri 3 Monta. Guiding World Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2): 47–55.
Atif, Y., & Samuel, S. 2014. Building a smart campus to support ubiquitous learning. (https://doi.org/10.1007/s12652-014-0226-y), Accesed on April 2020.
Cahyono, H. 2019. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1): 1.
Fahyuni, E. F. 2018. Bimbingan dan Konseling Islami Di Sekolah. Sidoarjo: Umsida Press.
Gozali, A. 2020. Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa Psbb (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Coution : Journal of Counseling and Education Layanan, 1(2): 36–49.
Haris, H. Haryanto, B. et al. 2020. Management and Role of Guidance and Counseling in Educational Institutions for Personal Development of Students : Pengelolaan dan Peran Bimbingan dan Konseling dalam Lembaga Pendidikan untuk Pengembangan Pribadi Siswa. Proceeding of The ICECRS, 6: 1–9.
Haryani, et al. 2018. Improvement of metacognitive skills and students ’ reasoning ability through problem-based learning Improvement of metacognitive skills and students ’ reasoning ability through problem-based learning. p: 493–499.
Koper, R. 2014. Conditions for effective smart learning environments. Smart Learning Environments, 1(1): 1–17.
Mandiudza, L., & Mandiudza, L. 2013. Child Friendly Schools. 3(6): 283–288.
Meidy, N. et al. 2020. Peran Konselor Sekolah dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pelayanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Psikologi Konseling, 16(1): 590–602.
Purwadhi. 2019. Pengembangan Kurikulum Dalam Pembelajaran Abad XXI. Mimbar Pendidikan, 4(2): 103–112.
S. Ralasari, T. M., & Tarigas, F. R. L. 2017. Program Bimbingan Pribadi Untuk Mengembangkan Potensi Diri. Jurnal Edukasi, 15(2): 274–283.
Spector, J. M. 2016. Smart Learning Environments : Concepts and Issues Smart Learning Environments : Concepts and Issues. Accesed on March 2021.
Widya Sari, M. et al. 2017. Study of Smart Campus Development Using Internet of Things Technology. (https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001).
Published
2021-03-30
Section
Articles