Penyuluhan 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Bagi Masyarakat Desa Brangkal

  • Ino Angga Putra Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Novia Ayu Sekar Pertiwi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ahmad Ahanul Khuluq Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Khotibul Umam Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: masyarakat, penyuluhan, sanitasi

Abstract

Perhatian terhadap lingkungan merupakan hal yang mutlak untuk terus dikerjakan agar terciptanya lingkungan yang sehat guna meningkatkan status kesehatan masyarakat. Tujuan kegiatan pengabdian ini, yaitu: a) meningkatkan pemahaman tentang pentingnya sanitasi yang sehat pada rumah tangga yang akan terdampak pada kesehatan masyaraka, dan b) membantu koordinasi dan tindak lanjut tentang fasilitas umum dengamengoptimalkan kebijakan yang diterapkan di desa brangkal. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi penyuluhan dan diskusi yang dilaksanakan di Desa Brangkal Kabupaten Jombang. Hasil pengabdian yang didapat adalah peningkatan pemahaman 5 Pilar STBM oleh peserta sosialisasi dengan peningkatan 80% pada kategori baik dan 20% pada kategori cukup baik. Kegiatan pengabdian ini memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan dan sanitasi dilingkungan sekitar.

References

Lisdiana, R. 2017. Partisipasi Masyarakat dalam Perbaikan Sanitasi Lingkungan di Desa Wayhalom Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus [Universitas Islam Negeri Raden Intan]. In Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Nugraheni, P. L., & Rasha. 2019. Penyuluhan Sanitasi Higiene Dan Phbs Pada Masyarakat Kawasan Candi Batujaya, Sebagai Dasar Membangun Desa Wisata Yang Bersih Dan Sehat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01): 22–31.
Prayitno, J., & Widati, S. 2018. Kajian Strategi Promosi Kesehatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kelurahan Kejawan Putih Tambak Kota Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 11(3): 267–274.
Rasyidah, U. M. 2019. Diare sebagai Konsekuensi Buruknya Sanitasi Lingkungan. KELUWIH: Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 1(1): 31–36.
Tim Penyusun, D. K. R. I. 2009. Profil Kesehatan Indonesia 2008. In Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Published
2021-03-30
Section
Articles