Sosialisasi Metode Pembelajaran Efektif Serta Penerapan Prokes Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka

  • Lady Agustina Universitas Muhammdiyah Jember
  • Ginanjar Sasmito Adi Universitas Muhammdiyah Jember
Keywords: Metode Pembelajaran Efektif, Protokol Kesehatan, Pembelajaran Tatap Muka

Abstract

Sudah beberapa bulan terakhir ini kita dihadapkan pada permasalahan pandemi covid 19 yang membuat pembelajaran di sekolah proses pelaksanaanya dilakukan secara daring. Dari hasil analisis situasi sekolah mitra terdapat beberapa permasalahan terkait proses pembelajaran yang sedang berlangsung, dimana siswa tidak semuanya mempunyai fasilitas untuk pembelajaran online. Hal ini bukan hanya dihadapi oleh sekolah mitra tetapi juga sekolah-sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Beberapa hal sudah dilakukan oleh sekolah mitra terkait mengatasi pembelajaran yang dilakukan saat ini yang sifatnya daring. Diantaranya pernah mengadakan program “GULING” (Guru Keliling) namun ini tidak efektif dikarenakan lokasi rumah siswa per siswa tidak saling berdekatan. Harapan baru muncul ketika akan diputuskannya sekolah tatap muka tetapi tidak seperti tatap muka seperti dulu, tatap muka yang sekarang di era new normal ini yang jelas akan ada aturan-aturan baru. Metode pendekatan kegiatan PkM demi terciptanya pembelajaran tatap muka yang menyenangkan dan aman dapat terwujud melalui sosialisasi pada guru dan murid tentang metode pembelajaran yang efektif serta bagaimana protokol kesehatannya dalam menghadapi pembelajaran tatap muka. Hasil dari kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat baik dimana guru bisa mendapatkan pengalaman tentang metode pembelajaran yang efektif dan siswa mendapatkan tambahan ilmu tentang protokol kesehatan yang baik di kala pandemi.

References

Ahmed, S; Shehata, M; & Hassanien, M. 2020. Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEd Publish, p: 1-5.
Bao, W. 2020. COVID-19 and Online Teaching in Higher Education: A Case Study of Peking University. March, p: 113-115.
Basilaila, G &Kvavadze, D. 2020. Transition to Online Education in School During a SARS-Cov-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4).
Goldschmidt, K & Msn, P.D. 2020. The COVID-19 Pandemic: Technology Use To Support The Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing, 3-5.
Herliandry,L.D, dkk. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tenologi Pendidikan, 22(1): 65-70.
Lee, A. 2020. Wuhan Novel Coronavirus (COVID-19); Why Global Control is Challenging?. Public Health, January, p: 19-21.
Published
2021-03-30
Section
Articles