Online Workshop Untuk Pembuatan Konten Ilmiah Info Covid-19 Bagi Karang Taruna Desa Klurak, Candi, Sidoarjo

  • Zainul Arifin Imam Supardi Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Jatmiko Universitas Negeri Surabaya
  • Binar Kurnia Prahani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Covid-19, Karang Taruna, Konten Ilmiah, Online Workshop

Abstract

Pada era revolusi industri 4.0 ini telah berkembang literasi baru dan sangat penting untuk mencegah berita dan konten info bohong (hoax). Masalah terkait konten info yang bersifat hoax tersebut sangatlah berbahaya. Yang menjadi masalah utama bagi mahasiswa adalah untuk mengikuti pelatihan tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. Pada era pandemi COVID-19 ini, khususnya para mahasiswa mengalami keterbatasan anggaran untuk mengikuti workshop pelatihan tersebut harus membayar. Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Selasa (28/4/2020). Ini juga berdampak pada pelatihan atau workshop tidak bisa diadakan secara face-to-face. Hal tersebut telah menjadi masalah serius dan perlu alternatif solusi agar kualitas anggota Karang Taruna Desa Klurak, Candi, Sidoarjo tidak mengalami penurunan, khususnya keterampilan pembuatan konten ilmiah info COVID-19. Oleh karena itu, Tim PKM berkehendak memberikan kontribusi positif dan nyata Karang Taruna Desa Klurak, Candi, Sidoarjo dengan Kegiatan Online Workshop Pembuatan Konten Ilmiah Info COVID-19. 

References

OECD. (2015). Education in Indonesia: Rising to the Challenge. Paris: OECD Publishing.
Purwaningsih, E., Wasis, Suyatno, and Nurhadi, D. (2018). Innovative lesson study (LS) to improve the pedagogical content knowledge (PCK) of STEM teacher candidates in Indonesia. Global Journal of Enginerring. Education. 20(1): 39-47.
Nilsson, P. and Loughran, J. (2012). Exploring the development of pre-service science elementary teachers’ pedagogical content knowledge. Journal of Science Teacher Education, 23(7): 699-721.
Shulman, L. (1987). Knowledge and teaching: foundations of the new reform. Harvard Educational Review, 57(1): 1-23.
van Driel, J.H. and Berry, A.K. (2017). Developing Pre-Service Teachers’ Pedagogical Content Knowledge. In: Clandinin, D. J. and Husu, J. (Eds), The SAGE Handbook of Research on Teacher Education. California: Sage Publications Inc.
Etkina, E. (2010). Pedagogical content knowledge and preparation of high school physics teachers. Physical Review Physics Education Research, 6(2): 1-26.
Williams, J., and Lockley, J. (2012). Using CoRes to develop the pedagogical content knowledge (PCK) of early career science and technology teachers. Journal of Technology Education, 24(1): 34-53.
Liswati, T.W. (2020). Blended Formula Four Di (4D) with actor network theory to increases the outcome of literacy culture. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 1(1): 30-38.
Ibda, H. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, I: 1–21.
Ibda, H. (2019). Pembelajaran bahasa indonesia berwawasan literasi baru di perguruan tinggi dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Jalabahasa, 15(1): 48-64.
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, & Ramadhan, S., (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 5(1): 108-118.
Waldfogel J. (2012). The role of out-of-school factors in the literacy problem. The Future of Children, 22(2): 40-54.
Muslimin. (2018). Foster a culture of literacy through increased reading interest in village communities. Cakrawala Pendidikan, 37(1): 107-118.
Odegaard, M., Haug, B., Mork, S., & Sorvik, G.O. (2014). Budding science and literacy. A classroom video study of the challenges and support in an integrated inquiry and literacy teaching model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 167: 274-278.
Suryaman, M. (2015). Analisis hasil belajar peserta didik dalam literasi membaca melalui studi internasional (PIRLS) 2011. Jurnal LITERA, 14(1): 170-186.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan karakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 1(1): 325-342.
Ibda, H. 2018. Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, I: 1-21.
Published
2021-03-30
Section
Articles