Pemanfaatan E- Learning Network Edmodo Dalam Pembelajaran

  • Ika Zutiasari Universitas Negeri Malang
  • Wening Patmi Rahayu Universitas Negeri Malang
  • Jefry Aulia Martha Universitas Negeri Malang
  • Rila Ayu Agnes Indarwati Universitas Negeri Malang
Keywords: Pemanfaatan E-Learning, Edmodo, Pembelajaran

Abstract

Malang memiliki banyak produk unggulan yang diproduksi oleh UMKM, mulai dari makanan, minuman bahkan sampai dengan kerajinan tangan (crafting). Mengingat semakin pesatnya perpindahan informasi melalui media digital dan pengguna digital serta berdasar dari data kualitatif dan kuantitatif diatas, maka dapat disimpulkan bahwa di Kabupaten Malang cukup banyak pelaku UMKM dengan berbagai permasalahannya yang belum mampu untuk melaksanakan system pemasaran menggunakan digital marketing dengan efektif. Tujuan kegiatan ini karena: Pertama, mereka belum menguasi pemasaran berbasis digital dengan efektif sehingga belum memanfaatkan digital marketing secara maksimal. Kedua, tanpa memiliki kompetensi ini (penguasaan digital marketing), maka akan menyulitkan para pelaku UMKM di Malang bersaing dalam perdagangan. Adapun UMKM yang dijadikan objek pelatihan adalah UMKM Perum GPA Ngijo, Karangploso Kabupaten Malang. Teknik pendampingan yang digunakan adalah teknik pendampingan terarah yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil positif dan memuaskan dari pelatihan pemasaran berbasis digital ini merupakan langkah awal yang dilakukan team pengabdian dalam membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk meningkatkan frekuensi penjualan.

References

Ainiyah, Z. 2015. Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3).
Aji, R. H. S. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5): 395–402.
Alkadri, S. P. A. 2018. Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Dengan Menggunakan Media Sosial Edmodo Bagi Guru SMK Al-Madani Kota Pontianak. Al-Khidmah, 1(1): 1–6.
Basori, B. 2013. Pemanfaatan Social Learning Network ”Edmodo” Dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 6(2).
Darmawan, D. 2012. “Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 55–61.
Erviana, A. 2015. Pemanfaatan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Produktifmerakit Personal Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Multimediadi Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2).
Horton, W. 2000. Designing Web-based Training. New York: John Wiley and Sons.
Mulyono, I. U. W., Rachmawanto, E. H., Susanto, A., Sari, C. A., Prabowo, D. P., & Ihya‘Ulumuddin, D. I. 2020. Implementasi E-Learning Menggunakan Edmodo bagi Guru-Guru SD Kecamatan Cawas, Klaten. ABDIMASKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1): 56–64.
Rulviana, V. 2018. Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Wahyu Prabowo, H. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Smk Di Gresik. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 8(3).
Welsh, E. T., Wanberg, C. R., Brown, K. G., & Simmering, M. J. 2003. E-learning: Emerging uses, empirical results and future directions. 245–258.
Windhiyana, E. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1): 1–8.
Published
2021-03-30
Section
Articles