Strategi Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi COVID-19 Bagi Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Unesa

  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan budy Cahya Universitas Negeri Surabaya
  • Veni Rafida Universitas Negeri Surabaya
Keywords: COVID-19, ketahanan pangan, kebutuhan pokok

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan strategi-strategi ketahanan pangan dalam masa pandemi dan meringankan beban dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehingga mahasiswa yang terdampak adanya COVID-19 tidak mengalami kekurangan dalam memenuhi kebutuhan pokok. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui tiga tahapan yakni: 1) melakukan observasi awal mengenai dampak COVID-19 terhadap kondisi ekonomi mahasiswa, 2) pemaparan sosialisasi strategi–strategi ketahanan pangan, dan pemberian bantuan berupa bahan pokok terhadap mitra atau mahasiswa terdampak COVID-19, dan 3) evaluasi pelaksanaan kegiatan dari mitra atau mahasiswa tentang kegiatan yang sudah dilaksanakan. Sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga FE UNESA yang masih tinggal di wilayah kota Surabaya. Dalam Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, berjalan dengan baik dan mendapatkan respon yang positif dilihat dari hasil wawancara dengan mahasiswa yang merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, mereka tidak hanya mendapatkan bantuan langsung namun juga wawasan/informasi dalam menghadapi permasalahan yang terjadi saat ini.

References

Beiu, C., Mihai, M., Popa, L., Cima, L., & Popescu, M. N. 2020. Frequent Hand Washing for COVID-19 Prevention Can Cause Hand Dermatitis: Management Tips From frequent hand washing to hand dermatitis. Cureus, 12(4). (https:// doi.org/10.7759/cureus.7506).
Pentingnya Menerapkan Social Distancing Demi Mencegah COVID-19 - Alodokter. (n.d.). 2020. (Online). Retrieved April 28, 2020, from (https://www.alodokter.com/pentingnya-menerapkan-social-distancing-demi-mencegah-covid-19).
Setiawan, A. R. 2020. Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).
Sudipa, I. G. I., Arsana, I. N. A., & Radhitya, M. L. 2020. Penentuan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap social distancing menggunakan algoritma C4. 5. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 3(1): 1-7.
WHO. 2020. WHO Director-General’s remarks at the media briefing on 2019-nCov on 11 February 2020. 2020. (Online). (http://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-generalsbriefing-on-2019-ncov-on11-february-2020).
Published
2021-03-30
Section
Articles