Pelatihan Pembuatan Media Number sense Bagi Guru PAUD Aisyiyah

  • Dian Kristiana Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Jumadi Jumadi Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dwi Avita Nurhidayah Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Keywords: Number sense, Anak Usia Dini

Abstract

Mengembangkan kemampuan number sense pada pembelajaran matematika anak usia dini memiliki tujuan untuk menstimulasi kemampuan berpikir sederhana yang dapat membantu anak memahami beberapa konsep nyata. Metode yang digunakan yaitu diseminasi tentang konsep number sense yang sesuai dengan usia dan tahapan perkembangan anak usia dini, pelatihan pembuatan media pembelajaran number sense yang sesuai dengan usia dan tahapan perkembangan anak usia dini, menyediakan kelas pendampingan bagi guru terkait implementasi media pembelajaran number sense yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Hasil yang diperoleh yaitu, 1) Kegiatan desiminasi ini berjalan dengan baik yang dilaksanakan secara daring, 2) Pelatihan pembuatan number sense terlaksana dengan baik, dalam pelatihan ini terbagi menjadi dua kegiatan yaitu pemahaman konsep number sense serta demontrasi pembuatan media number sense secara daring, pelatihan kedua dilaksanakan secara luring terbatas dan menghasilkan beberapa produk media pembelajaran number sense, 3) Pada tahap terakhir kelas pendampingan berjalan dengan baik, implementasi media pembelajaran number sense bisa dilaksanakan dengan baik oleh guru dan siswa secara daring.

References

California Department of Education Child Development Division. 2010. Desired results developmental profile. Sacramento: California Department of Education Child Development Division.
Deheane, S. 2011. The Number sense, how the mind creates mathematics. United Kingdom: Oxford University Press, Inc.
Duncan, G. J. et al. 2007. School Readiness and Later Achievement. Develomental Psychology, 43 (6).
Malofeeva, E., Day, J., Saco, X., Young, L., & Ciancio, D. 2004. Construction and evaluation of a number sense test with Head Start children. Journal of Educational Psychology, 96 (4): 648-659.
Rahayu, W. A. 2013. Meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui penggunaan media kartu domino bergambar di TK Al hidayah. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan UPI, Bandung.
Published
2022-03-24
Section
Articles