Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi dan Promosi UMKM Sepatu dan Sendal di Desa Sindangsari

  • Adih Supriadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fiesty Utami Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lukmanul Hakim Aziz Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Edy Arisondha Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Laporan Keuangan, UMKM, Aplikasi, Media Sosial

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan mengenai Penggunaan Laporan Keuangan Sederhana Berbasis Aplikasi dan Peningkatan Promosi Melalui Media Sosial pada UMKM Sandal dan Sepatu di Desa Sindangsari Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang. Pelatihan ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra dalam hal akses permodalan dan kendala dalam mendistribusikan produk. Selain itu, pengabdian ini juga dapat memberi pemahaman dan penguasaan tentang perkembangan terbaru di bidang laporan keuangan dan media promosi terbaru kepada mitra pengabdian. Metode yang dipakai pada pengabdian masyarakat diantaranya, 1) Survey, 2) Pelatihan Laporan Keuangan berbasis Aplikasi dan Promosi di Media Sosial, dan 3) Monitoring dan Evaluasi, dengan melakukan pendampingan dan evaluasi secara rutin selama periode kegiatan pengabdian. Kedepannya diharapkan mitra dapat menjadi lebih baik dalam pelaporan keuangannya dan terjadinya peningkatan penjualan produk dengan adanya peningkatan promosi yang dilakukan melalui media sosial dan online.

References

Handoko, H. 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Imaningsih. N., & Wahed. M. 2021. Peningkatan Kemampuan Keuangan dan Profesionalisme Pengelolaan Usaha di Kelompok Usaha “Kartini”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, 2(1): 42-50.
Nafaida. R., Fadila, & Nursamsu. 2021. Pelatihan Pembuatan Deterjen Cair bagi Ibu-Ibu PKK Gampong Sungai Pauh Pusaka. Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, 2(1): 35-41.
Setiawan, V., & Hidayat, R. 2015. Pengaruh Metode Pelatihan terhadap Kompetensi Karyawan NDT (Non Destructive Test) pada PT. XYZ. Jurnal Akuntansi Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 142-149.
Yuliana. D., dkk. 2021. Pelatihan Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Online Dalam Kegiatan Online Shop (Olshop) Siswa-Siswi Ma Sarji Ar-Rasyid. J-Abdi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1): 11-20.
Published
2022-03-24
Section
Articles