Community based tourism (CBT) Pada Kawasan Wisata Religi dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

  • Septiana Hidayanti UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Achmad Room Fitrianto UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Peningkatan Perekonomian, Community based tourism, Wisata Religi

Abstract

Paper ini bertujuan untuk mengobservasi partisipasi aktif dari masyarakat dan peningkatan ekonomi masyarakat dari Pariwisata. Konsep pengembangan community based tourism  didasari dari partisipasi masyarakat lokal yang dilibatkan dalam proses pembuatan keputusan dalam pengelolaan daya tarik wisata religi. Hasil dari pengembangan CBT tersebut diharapkan dapat menciptakan pariwisata keberlanjutan dan memberikan banyak keuntungan terhadap pemerintah, masyarakat, ataupun swasta. Dalam hal ini peran pemerintah daerah sangat diperlukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Pengumpulan data guna menulis paper ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan beberapa konsep dalam pengembangan community based tourism untuk mengetahui tentang bagaimana kelompok masyarakat kelurahan kutorejo dan para pelaku usaha di kawasan wisata religi Sunan Bonang berperan dalam kegiatan pariwisata berbasis masyarakat dan perekonomiannya. Dengan menerapan konsep CBT dalam pengelolaan wisata mampu untuk memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat dan mampu untuk meningkatkan tingkat perekonomian lokal. Selain itu efek multiplier juga dirasakan disektor lain seperti pertanian, perdagangan, dan jasa.

References

Gunawan, A. S., Hamid, D., & Wi Endang NP, M. G. 2016. Analisis Pengembangan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Wisata Religi Gereja Puhsarang Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis, 32(1): 1-8.
Hadiwijoyo, Sakti, S. 2012 Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah pendekatan konsep). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Novaria, R., & Rohimah, A. 2017. Pengembangan Community based tourism Sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemasaran Pariwisata Di Wonosalam Kabupaten Jombang. In Prosiding Seminar dan Call For Paper, 20: 21.
Prasiasa, Dewa, O.P. 2011. Destinasi Pariwisata Berbasis Masyarakat. Jakarta: Salemba Humanika
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparmoko, R. Maria. 2000. Pokok – Pokok Ekonomika. Yogyakarta: BPFE.
Suwartono. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Ulung, G. 2013. Wisata Religi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2022-03-24
Section
Articles