Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar

  • Yesi Anita Universitas Negeri Padang
  • Arwin Arwin Universitas Negeri Padang
  • Syafri Ahmad Universitas Negeri Padang
  • Yullys Helsa Universitas Negeri Padang
  • Ary Kiswanto Kenedi Universitas Samudra
Keywords: Bahan ajar, HOTS, Revolusi industry 4.0

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis HOTS serta rendahnya keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis HOTS untuk siswa sekolah dasar. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis HOTS serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis HOTS untuk siswa sekolah dasar. Kegiatan ini dilaksanakan untuk guru SD yang berada di Kota Padang sebanyak 25 orang. Metode kegiatan dengan memberikan seminar hakiakt HOTS, pelatihan pelaksanaan pembelajaran HOTS dan pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis HOTS. Hasil kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis  HOTS serta meningkatknya keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasi HOTS. Impilikasi kegiatan ini dapat dijadikan referensi bagi praktisi pendidikan untuk mengembangkan kemampuan guru SD dalam proses pembelajaran berbasis HOTS.

References

Ahmad, S., Andika, R., Hendri, S., & Kenedi, A. K. 2020. Training Program on Developing HOTS's Instrument (The Improving Abilities for Elementary School Teachers). Digital Press Social Sciences and Humanities, 6, 00010.
Ahmad, S., Kenedi, A. K., & Masniladevi, M. 2018. Instrumen Hots Matematika Bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(6): 905-912.
Ahmad, S., Kenedi, A. K., Ariani, Y., & Sari, I. K. 2019. Instrument higher order thinking skill design in course high-class mathematics in elementary school teacher of education departement. In Journal of Physics: Conference Series, 1321(2): 022129. IOP Publishing.
Ahmad, S., Prahmana, R. C. I., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Arianil, Y., & Zainil, M. 2017. The instruments of higher order thinking skills. In Journal of Physics: Conference Series, 943(1): 012053. IOP Publishing.
Daulay, M. I., & Daulay, H. Y. 2021. Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1): 272-281.
Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. 2019. Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2): 231-248.
Helsa, Y., & Kenedi, A. K. 2019. Edmodo-Based Blended Learning Media in Learning Mathematics. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (JTLEE), 2(2): 107-117.
Hendri, S., Helsa, Y., Anita, Y., & Kenedi, A. K. 2019. Pelatihan Penilaian Otentik dan Penggunaan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar. Jurnal Halaqah, 1(4): 446-459.
Iasha, V. 2018. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1): 17-36.
Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. 2017. Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2): 247-259.
Kenedi, A. K. 2018. Desain Instrument Higher Order Thingking Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Matematika Di Jurusan PGSD. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1): 67-80.
Kenedi, A. K., Eliyasni, R., & Fransyaigu, R. 2019. Jigsaw using animation media for elementary school. In Journal of Physics: Conference Series, 1424(1): 012027. IOP Publishing.
Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. 2019. Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1): 69-80.
Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., & Laksono, P. 2020. Improving higher order thinking skills (hots) with project based learning (pjbl) model assisted by geogebra. In Journal of Physics: Conference Series, 1467(1): 012027. IOP Publishing.
Prastowo, A. 2014. Pemenuhan kebutuhan psikologis peserta didik SD/MI melalui pembelajaran tematik-terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 1(1): 1-13.
Safi'i, I., & Amar, F. 2019. Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berstandar HOTS bagi Guru-Guru SD di Wilayah Banyudono. Abdimas Dewantara, 2(2): 149-157.
Suwandi, I. K., & Masruri, M. S. 2016. Pengembangan picture book sejarah nasional dengan pendekatan tematik terpadu untuk kelas IV sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 4(1): 79-92.
Umro, J. 2020. Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Al-Makrifat, 5(1).
Zagoto, M. M., & Dakhi, O. 2018. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika peminatan berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI sekolah menengah atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1): 157-170.
Published
2022-03-24
Section
Articles