Analisis Kompetensi Pedagogik Dosen Pengampu Mata Kuliah Dalam Implementasi Computer Assisted Instruction (CAI)

  • Vidya Pratiwi
Keywords: kompetensi pedagogik, dosen, CAI

Abstract

Globalisasi informasi yang terjadi sekarang ini dimungkinkan oleh media elektronik dalam mengirim dan menerima informasi melalui radio, televisi dan juga melalui jaringan internet. Dalam penelitian ini, pembahasan tentang kompetensi pedagogik menjadi fokus utama peneliti, karena kompetensi pedagogik pada dasarnya merupakan kemampuan pemahaman tentang peserta didik.Fokus penelitian ini meliputi kompetensi pedagogik dosen pengampu mata kuliah kiatannya dalam mengimplementasikan CAI di dalam proses belajar mengajar.  Metode penelitian yang digunakan yakni deksrptif kualitatif. Analisis data yang digunakan melalui proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri dan orang lain.

 

Inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan harus dimiliki atau dilakukan oleh guru. Hal ini disebabkan karena pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna. Tanpa didukung kemauan dari dosen untuk selalu berinovasi dalam pembelajarannya, makapembelajaran akan menjenuhkan bagi mahsiswa. Di samping itu, dosen tidak dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal.

Berdasarkan penjelasan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan mengenai kompetensi pedagogik dosen pengampu mata kuliah dalam implementasi CAI yakni mendapatkan hasil penelitian yang menunjukan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh seorang dosen kaitannya dengan implementasi CAI dapat membuat mahasiswa menjadi meningkat dalam pengetahuan pembelajarannya terkait dengan perkembangan teknologi informasi pada saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30
Section
Articles