Penggunaan Media Kartu Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Huruf Hijaiyah dan Harakat Kelas I SD Muhammadiyah Panji

  • Mory Victor Febrianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
Keywords: Media Game, hasil Belajar, Huruf Hijaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode permainan kartu surat di 1 SDN Panji Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Model PTK. Taggart dengan dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi, di setiap akhir pertemuan dilakukan tes kemampuan membaca huruf hijaiyah. Penelitian ini menggunakan mata pelajaran kelas 1 sekolah dasar Muhammadiyah 1 Panji, yang berjumlah 23 anak. Objek penelitian ini berfokus pada peningkatan kemampuan membaca surat dan hadiah hijaiyah melalui media bermain kartu surat. Metode pengumpulan data menggunakan observasi daftar periksa, wawancara, tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca awal dalam pra-siklus penelitian dengan 23 subjek penelitian, ada 13 siswa atau 57% telah mencapai ketuntasan sedangkan 10 atau 43% belum mencapai ketuntasan. Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan metode permainan kartu surat pada siklus pertama ada peningkatan dengan 18 siswa atau 78% siswa yang menyelesaikan sementara 5 siswa atau 22% tidak selesai. dan pada siklus II meningkat lagi dengan semua siswa atau 100% siswa menyelesaikan dan .. Langkah-langkah implementasi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah dan hadiah anak-anak adalah dengan menggunakan media permainan kartu kartu, guru memberikan penjelasan tentang surat-surat hijaiyah, dan memberikan apresiasi verbal dan tepuk tangan kepada siswa yang bisa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-28
Section
Articles